Tips Menjaga Kesehatan Kulit

Setiap orang ingin memiliki kulit yang sehat dan halus. Kulit yang terjaga sehat tidak hanya menjamin kebugaran dan kenyamanan tubuh tetapi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Kulit adalah salah satu bagian terpenting yang mempengaruhi penampilan seseorang sehingga orang akan melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan kulitnya. Ada banyak hal yang dapat menganggu kesehatan kulit anda. Oleh karena itu anda sebaiknya mengetahui bagaimana merawat kulit agar selalu sehat. Berikut beberapa tips sederhana mengenai cara menjaga kesehatan kulit.

1. Rajin Membersihkan Kulit
Kulit yang kotor dapat menjadi tempat yang cocok untuk tumbuh dan berkembangya bakteri dan jamur. Bersihkan kulit dengan pembersih yang mengandung bahan alami. Rajin membersihkan kulit tidak hanya mengurangi resiko tumbuhknya jamur atau bakteri pada kulit tetapi juga dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak pada kulit, membersihkan pori-pori kulit, dan membuang sel kulit mati.

2. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari yang Berlebihan
Sinar matahari dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Tetapi jika kulit menerima sinar mahari secara berlebihan maka dapat mengurangi kelembaban kulit, mengubah warna kulit, dan meningkatkan jumlah radikal bebas dalam tubuh. Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan pada kulit dengan memakai tabir surya, topi, baju lengan panjang, menggunakan payung dan upaya lainnya.

3. Gunakan Kosmetik Secara Bijak
Tidak semua kosmetik cocok untuk kulit anda. Selain itu kosmetik yang anda gunakan sebaiknya memiliki kualitas yang terjamin yang dibuktikan dengan sertifikasi dari instansi yang berwenang. Menggunakan konsmetik sembarangan dapat menyebabkan berbagai masalah iritasi kulit.

4. Makan Makanan yang Seimbang Gizi
Kulit yang sehat membutuhkan asupan nutrisi yang memadai. Kekurangan nutrisi tertentu dapat mempengaruhi kesehatan kulit.

5. Lindungi Kulit dari Lingkungan yang Ekstrim
Lingkungan yang terlalu panas, terlalu dingin, atau terlalu kering dapat mengganggu kesehatan kulit. Menggunakan alat keselamatan di tempat kerja seperti pakaian kerja, helm, sarung tangan, google, dsb selain berguna untuk mengurangi resiko kecelakaan juga bermanfaat menjaga kulit dari lingkungan yang dapat merusak kulit.

6. Banyak Makan Buah dan Sayur
Makan makanan alami terutama dari jenis buah dan sayuran sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Sayuran dan buah banyak mengandung nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Beberapa bahan perawatan tubuh mengandung ekstrak buah dan sayur seperti bengkoang, alpukat, wortel, dsb.

7. Jangan Merokok
Merokok dapat meningkatkan radikal bebas dalam tubuh. Kelebihan radikal dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh termasuk pada jaringan kulit. Merokok juga dapat mengganggu sistem sirkulasi darah yang menyalurkan nutrisi pada seluruh bagian tubuh.

8. Jaga Kesehatan Tubuh

Gangguan kesehatan kulit bisa jadi merupakan gejala penyakit tertentu. Oleh karena itu anda harus menjaga kesehatan tubuh dan memeriksakan diri ke dokter jika sakit. Cek fisik secara teratur sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kesehatan secara keseluruhan.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *