Tips Mengurangi Pengeluaran Bulanan

Salah satu strategi penting dalam pengelolaan keuangan adalah berhemat. Berhemat dapat dilakukan terutama dengan mengurangi pengeluaran bulanan. Banyak orang yang kesulitan mengelola anggaran karena tidak dapat mengerem pengeluaran. Bagaimana cara mengurangi pengeluaran bulanan agar penghasilan yang ada mencukupi kebutuhan? Berikut beberapa saran mengenai cara mengurangi pengeluaran bulanan.

Buat Rencana Anggaran
Rencana anggaran akan membantu anda menghitung kebutuhan anda dalam sebulan berdasarkan penghasilan serta membuat prioritas mana pengeluaran yang harus ditunaikan, dan mana pengeluaran yang masih bisa ditunda pada bulan-bulan berikutnya.

Buat Catatan Pengeluaran
Membuat catatan pengeluaran akan membantu anda menghitung seberapa uang telah anda keluarkan dan seberapa uang yang masih harus anda keluarkan.

Usahakan Menabung Di Depan
Menabunglah di depan. Tabungan harus dianggap sebagi pos pengeluaran. Jika anda tidak menyediakan anggaran untuk tabungan, anda akan cenderung tidak disiplin dan menambung sekedarnya.

Kurangi Biaya Hiburan
Hiburan seperti menonton film di bioskop, menonton konser musik, minum kopi di kafe, dan lain sebagainya memang menyenangkan tetapi hal tersebut merupakan kebutuhan tersier. Setiap orang bisa mendapatkan hal-hal yang menyenangkan tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

Hemat Penggunaan Energi
Banyak orang tidak menyadari bahwa ia banyak menggunakan energi listrik secara berlebihan. Gunakan lampu tidur sekedarnya, matikan lampu luar rumah saat fajar, matikan TV saat tidak dilihat, dsb. Banyak orang baru menyadari bahwa penghematan listrik dapat menghemat biaya tagihan secara signifikan setelah menerapkan tips sederhana menghemat energi.

Buat Jadwal Belanja
Belanja adalah hal yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Sehingga tidak jarang orang yang sangat rajin ke supermarket untuk berbelanja. Mengurangi jadwal belanja akan mengurangi keinginan untuk belanja.

Batasi Penggunaan Kartu Kredit
Kartu kredit sangat memudahkan orang untuk berbelanja karena bisa dibayar belakangan. Banyak orang yang kesulitan mengelola uang karena tidak menyadari bahwa ia mempunyai hutang setiap bulan dari pengggunaan kartu kredit.

Bijaksana Saat Belanja
Belanjalah karena kebutuhan. Banyak orang yang mudah tergoda dengan diskon. Belanja barang diskon mungkin terasa lebih murah, tetapi belum tentu anda butuhkan. Sebaliknya membeli dengan harga mahal belum tentu merupakan pemborosan misalnya membeli obat saat anda sakit. Pikirkan benar-benar manfaat dari apa yang anda beli.

Berhemat secara Kreatif
Banyak orang yang sukses berhemat dengan metode kreatif yang diciptakan sendiri. Tidak semua tips atau saran dari pakar keuangan cocok untuk anda. Berhemat dapat dilakukan misalnya dengan membawa bekal sendiri ke tempat kerja, memilih transportasi yang lebih murah, membeli barang seken, dan lain sebagainya.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *