Tips Membuat Variasi Sop Buah

Istilah sop buah (tepatnya es sop buah) semakin hari semakin popular dan semakin banyak orang yang mencoba membuatnya sendiri. Sebagian orang merasa malas untuk membuat membuat sendiri sop buah karena berpatokan pada resep tertentu. Padahal anda bisa membuat sop buah versi anda sendiri. Berikut beberapa tips membuat variasi sop buah.

1. Tentukan Cita Rasa Kuah
Anda bisa menggunakan air kelapa muda, air sirop, sari buah (jus) atau kaldu buah.

2. Variasikan Karakter Buah
Sebaiknya pertimbangkan rasa dan tekstur buah. Usahakan mendapatkan keseimbangan karakter buah antara buah manis dan buah asam, antara buah padat dan buah lembut, buah berserat, buah creamy, dsb.

3. Variasikan Warna Buah dan Bahan Non-Buah
Warna kuning dapat diwakili oleh nanas, semangka kuning, dsb. Warna merah dapat diwakili oleh strawberry, semangka merah, dll. Demikian pula warna putih dapat diwakili bengkoang, kelapa, dll. Jangan menggunakan buah sejenis hanya untuk memvariasikan warna bahan sop buah. Hindari misalnya menggunakan anggur ungu dan anggur hijau atau semangka merah dan semangka kuning sekaligus. Penggunaan agar-agar dan kolang kaling dengan warna pilihan juga dapat membantu memvariasikan warna sop buah anda.

4. Tambahkan Citarasa Sop Buah
Tambahkan susu, santan atau yogurt. Selain mendapatkan citarasa creamy, penambahan bahan susu, atau santan, atau yogurt bisa juga memberi nilai tambahan nutrisi pada sop buah anda.

5. Variasikan Penampilan
Variasikan bentuk potongan buah. Beberapa jenis buah dapat dikeruk bulat. Kolang kaling dapat dibelah atau dipotong tipis. Buah kelapa bisa diserut tipis atau dipotong tebal panjang.

6. Tambahkan Bahan Selain Buah
Bahan selain buah. Meskipun namanya sop buah anda dapat menambahkan bahan selain buah. Bahan yang lazim digunakan antara lain agar-agar/jelly, cincau, kolang kaling, nata de coco, dan rumput laut.

7. Sesuaikan Kebutuhan Nutrisi
Sesuaikan dengan kebutuhan gizi anda. Buah-buahan umumnya kaya akan zat gizi. Wanita hamil sangat disarankan mengkonsumsi asam folat, penderita anemia sebaiknya makan buah yang banyak mengandung zat besi. Adalah sangat bijak untuk menentukan jenis buah yang anda sangat butuhkan.

8. Gunakan Es Batu atau Es Serut
Bagi sebagian orang, sensasi dingin dan cita rasa sop buah dengan es batu atau es serut sangat berbeda. Sebagian orang lebih suka menyimpan sop buah dalam kulkas untuk mendapatkan sensasi dingin es sop buah.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *