Tips Membeli Kacamata Anti UV (Sunglasses)

Kacamata anti ultraviolet

Kacamata anti sinar matahari (sunglasses) dahulu sering disebut sebagai kacamata hitam karena biasanya berwarna hitam. Namun sekarang kacamata anti matahari atau kacamata anti UV (ultraviolet) tersedia dalam warna yang sangat bervariasi. Kacamata anti UV pada dasarnya merupakan alat yang berguna untuk melindungi mata dari pengaruh sinar matahari terutama dari komponen sinar ultraviolet. Dalam perkembangannya kacamata anti UV sangat erat kaitannya dengan fashion karena bentuk dan warnanya sangat mempengaruhi penampilan seseorang. Bagaimana cara memilih kacamata anti UV yang baik dan sesuai untuk anda? Berikut beberapa tips memilih kacamata anti UV yang cocok untuk anda.

1. Pilih Tingkat Proteksi Ultraviolet yang Sesuai
Kacamata anti UV yang bagus mencantumkan tingkat proteksi terhadap sinar ultraviolet. Biasanya tingkat proteksi terhadap ultraviolet pada sebuah kacamata anti UV dinyatakan dalam prosen. Kacamata pelindung terhadap matahari yang baik biasanya dapat menahan ultraviolet lebih dari 90 %.

2. Pertimbangkan Proteksi Terhadap Silau
Kacamata dengan lensa terpolarisasi (polarized lens) dapat mengurangi silau dari pantulan cahaya pada lensa. Hal ini dapat meningkatkan kenyamanan khususnya bagi pemakai yang berkendara mobil atau motor karena dapat melihat lebih jelas.

3. Ketahui Bentuk Frame yang Sesuai untuk Bentuk Wajah Anda
Ketahui bentuk bingkai kacamata yang sesuai dengan bentuk muka anda. Kacamata anti matahari dapat menunjang penampilan anda jika anda memilih bentuk yang sesuai dengan muka anda. Jangan sampai kacamata anda membuat wajah anda terlihat aneh atau justru menonjolkan kekurangan pada muka anda misalnya jadi terlihat terlalu lebar, terlalu tirus, terlalu kecil, dsb. Kacamata penangkal ultraviolet tersedia dalam beragam bentuk yang dapat dikategorikan menurut spesifikasi gender untuk pria, untuk wanita, atau untuk keduanya. Anda seharusnya  memilih kacamata yang sesuai dengan gender anda untuk mempertegas jati diri anda agar tetap terlihat feminim atau maskulin.

4. Pilih Warna Lensa yang Sesuai
Dahulu semakin gelap warna lensa kacamata proteksi ultraviolet maka semakin basar daya proteksinya terhadap sinar ultraviolet. Dengan kemajuan teknologi, lensa yang lebih gelap belum tentu menahan ultraviolet lebih banyak daripada lensa yang lebih terang. Pilihlah warna lensa yang sesuai dengan kebutuhan anda disesuaikan dengan kesukaan dan lingkungan dimana anda akan banyak menggunakannya misalnya di pantai, di jalan, di lapangan, dan lain sebagainya. Terdapat pula kacamata dengan dua warna jika anda suka.

5. Pertimbangkan Kenyamanan
Model yang terlihat keren belum tentu nyaman dipakai oleh anda. Kacamata yang tidak nyaman akan membuat anda tersiksa saat memakainya terutama dalam durasi yang lama. Cobalah mengenakan kacamata tersebut untuk beberapa saat untuk merasakan kenyamanannya sebelum anda memutuskan untuk membelinya.

6. Pertimbangkan Bahan Lensa
Dahulu kacamata tersedia hanya dari bahan kaca. Banyak bahan yang telah digunakan sebagai lensa kacamata pengganti kaca dengan pertimbangan lebih ringan, tidak mudah pecah, tidak membahayakan jika pecah, dan lebih mudah difabrikasi. Pilihlah kacamata dengan lensa yang cukup ringan tetapi anti gores.

7. Timbang Harga dan Merek
Sebuah kacamata anti UV bisa menunjukkan jati diri seseorang. Kacamata anti UV tersedia dalam rentang harga yang sangat lebar mulai dari beberapa ratus ribu sampai jutaan rupiah. Semakin kuat merek sebuah kacamata anti UV maka akan semakin tinggi harganya. Anda sebaiknya menentukan anggaran yang rela anda keluarkan untuk sebuah kacamata anti UV, kecuali jika anda memiliki anggaran yang tidak terbatas.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *