Tips Hemat Berbelanja Kebutuhan Dapur

Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menghemat pengeluaran dalam rangka mengelola keuangan rumah tangga. Salah satu cara menghemat pengeluaran adalah dengan mengelola penggunaan uang belanja dapur secara bijak saat belanja kebutuhan dapur. Bagaimana melakukan penghematan uang belanja saat membeli kebutuhan dapur? Berikut beberapa tips menghemat uang belanja dapur.

1. Berbelanja di Pasar Tradisional
Membeli bahan makanan di pasar tradisional lebih murah dibandingkan dengan membeli bahan makanan yang sama di supermarket. Hal ini disebabkan karena pemiliki kios di pasar tradisional menanggung biaya operasional yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan biaya operasional yang ditanggung oleh perusahaan yang menjalankan supermarket.

2. Belanja dalam Kemasan Lebih Besar
Membeli bahan makanan dalam kemasan yang lebih besar lebih murah daripada membeli dalam kemasan lebih kecil atau kemasan satuan (misalnya sachet). Membeli bahan makanan dalam kemasan yang lebih besar adalah bijak terutama untuk bahan makanan yang tahan lama dan sering digunakan seperi minyak goreng , kecap, bumbu kering, dsb. Membeli 1 pouch (kantong)minyak goreng dalam kemasan 2 liter lebih murah daripada membeli   4 pouch minyak goreng yang sama dalam kemasan 500 ml. Membeli 1 botol ketumbar untuk jatah sebulan lebih murah daripada membeli 30 sachet ketumbar (kemasan sekali masak).

3. Membeli Isi Ulang (Refill)
Beberapa bahan makanan dan keperluan dapur tersedia dalam kemasan isi ulang seperti minyak goreng, kecap, tissue, garam meja, dsb. Membeli  barang tersebut dalam kemasan isi ulang lebih murah daripada membeli barang tersebut dalam kemasan standar (kaleng, botol, kotak).

4. Beli Sayur dan Buah yang Lagi Musim
Sayuran dan buah-buahan tertentu sangat mudah ditemui di pasar dengan harga murah jika sedang musimnya. Ini adalah kesempatan baik untuk mendapatkan sayur atau buah tersebut dalam kondisi segar dan dengan harga lebih murah.

5. Bawa Catatan Daftar Belanjaan
Di pasar akan ada banyak godaan untuk membeli  berbagai keperluan yang tidak anda rencanakan untuk dibeli. Membawa catatan daftar belanjaan memastikan anda mengutamakan membeli bahan makanan dan belanjaan yang diperlukan.

6. Optimalkan Persediaan yang Ada
Jika anda masih memiliki sayuran atau buah di kulkas anda, mestinya bahan makanan tersebut diutamakan untuk diolah menjadi makanan konsumsi. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda dalam berbelanja secara hemat. Contohnya, anda masih menyimpan 2 kg kentang di kulkas, hal ini bisa memberi ide untuk membuat perkedel, dan setelah anda pertimbangkan ternyata anda hanya perlu membeli seikat seledri  untuk membuat perkedel tersebut. Hal ini dapat membantu anda mengurangi daftar belanjaan.

7. Sesuaikan Kebutuhan
Sesuaikan jumlah belanjaan dengan kebutuhan. Membeli sayuran terlalu banyak mungkin akan memenuhi kulkas anda, tanpa sempat dihabiskan. Pertimbangkan bahan makan yang sering anda buang karena tak terpakai.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *