Tidur Untuk Kesehatan

Tidur sangat bermanfaat untuk kesehatan. Tidur adalah istirahat dalam keadaan tidak terbangun. Tidur yang sehat adalah tidur yang dapat memberikan nilai tambah bagi kesehatan. Tidur yang sehat adalah tidur yang cukup secara kuantitas maupun kualitas. Kurang tidur dapat membahayakan kesehatan.

Berapa Lama Tidur Yang Sehat?
Kebutuhan tidur bagi setiap orang berbeda-beda. Pada umumnya orang dewasa perlu tidur 7-9 jam setiap hari. Bayi yang baru lahir tidur antara 16 sampai 18 jam dalam sehari, dan anak usia pra sekolah tidur antara 10 sampai 12 jam sehari. Anak usia sekolah dan remaja tidur antara 8 sampai 10 jam sehari. Bisa dikatakan bahwa semakin tua umur seseorang maka kebutuhan tidurnya semakin berkurang. Sebenarnya tidak ada bukti yang menunjukan bahwa orang yang lebih tua seharusnya tidur yang lebih sedikit. Yang jelas orang yang lebih tua menghabiskan tidur nyenyak lebih sedikit, dan orang yang lebih tua akan sering terbangun saat tidur.

Kapan Sebaiknya Tidur?
Seberapa ngantuknya seseorang sangat tergantung pada seberapa banyak tidurnya dan seberapa kualitas (nyenyak) tidurnya. Faktor lainnya yang berpengaruh adalah “jam biologis” berupa sekumpulan sel-sel dalam otak yang merespon sinyal cahaya melalui mata dan meningkatkan kesadaran dari rasa kantuk. Berdasarkan setelan waktu alami pada jam biologis tersebut, serta proses-proses biologis dan kimiawi tubuh lainnya, secara alamiah orang akan merasa ngantuk menjelang tengah malam sampai pagi hari. Sehingga saat yang paling tepat untuk tidur dengan kuntitas dan kualitas yang cukup adalah pada waktu menjelang tengah malam sampai pagi hari. Rasa kantuk juga akan terasa pada siang hari setelah lewat tengah hari, antara jam 1 siang sampai jam 4 sore.

Mengapa Tidur Baik Untuk Kesehatan?
Apakah tidur berpengaruh terhadap kesehatan? Tentu saja iya. Tidak hanya kuantitas (lamanya waktu) tidur, tetapi juga kualitas (nyenyak atau tidaknya) tidur berpengaruh pada kesehatan.

  1. Tidur mengembalikan energi dan kesegaran tubuh. Tidur adalah bentuk istirahat yang paling sempurna. Rasa kantuk adalah salah satu sinyal dari kebutuhan tubuh untuk beristirahat akibat kelelahan. Tidur yang cukup akan mengembalikan kesegaran tubuh.
  2. Tidur dapat mengurangi stress. Jika tubuh kurang tidur, maka tubuh akan mengalami stress. Fungsi-fungsi tubuh akan berada dalam ketegangan yang akan menyebabkan meningkatnya tekanan darah dan hormon stress. Hormon stress dapat menyebabkan tubuh sulit untuk tidur.
  3. Tidur dapat mengurangi peradangan. Meningkatnya hormon stress meningkatkan peradangan dalam tubuh. Peradangan merupakan salah satu penyebab melemahnya tubuh seiring dengan bertambahnya usia.
  4. Tidur meningkatkan kemampuan memori. Saat tubuh tidur terjadi konsolidasi memori. Saat tubuh beristirahat, otak tetap bekerja mengingat dan menghubungkan kejadian-kejadian yang terekam otak. Mimpi dan tidur yang nyenyak adalah saat penting bagi otak mengingat dan menghubungkan kejadian-kejadian yang terekam otak. Tidur yang berkualitas akan membantu mengingat dan berpikir lebih baik.
  5. Tidur dapat mengurangi berat badan. Kurang tidur dapat menyebabkan keseimbangan hormon-hormon dalam tubuh yang mempengaruhi nafsu makan. Hormon ghrelin dan leptin penting untuk mengatur nafsu makan diketahui terganggu karena kurangnya tidur. Hasil penelitian menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam perhari lebih sering mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.
  6. Tidur mengurangi resiko depresi. Tidur mempengaruhi bahan kimia dalam tubuh, termasuk serotonin. Orang yang mengalami kekurangan serotonin mudah mengalami depresi.
  7. Tidur membantu perbaikan tubuh. Tidur adalah saat bagi tubuh untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan akibat stress, sinar ultraviolet dan paparan berbahaya lainnya. Saat tidur tubuh menghasilkan lebih banyak protein yang berguna untuk perbaikan sel-sel.

Tips Tidur Mendapatkan Tidur Yang Nyenyak Dan Sehat

  1. Biasakan tidur dan bangun dengan jadual waktu yang teratur
  2. Ciptakan suasana tidur yang nyaman
  3. Hindari alkohol, kaffein dan nikotin karena memiliki efek stimulasi
  4. Hindari makan atau minum yang banyak menjelang tengah malam
  5. Jangan tidur siang lebih dari jam 3 sore
  6. Rileks sebelum tidur
  7. Dapatkan sinar matahari pada siang hari. Sinar matahari dapat membantu pola tidur yang teratur

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *