Teka-Teki: Mobil ini Parkir di Petak Nomor Berapa?

Teka-teki nomor parkir mobil

Salah satu kuis yang banyak dibicarakan di sosial media adalah kuis “tebak nomor parkir mobil”. Kuis logika ini diambil dari soal tes masuk sebuah Sekolah Dasar di Hongkong. Murid-murid SD di Hongkong tersebut hanya memerlukan waktu sekitar 20 detik untuk menjawab soal tersebut. Menariknya, meskipun soal logika matematika ini ditujukan untuk anak SD, sebagian dewasa justru kesulitan untuk menjawab soal tersebut.

Soal logika matematika tersebut berupa gambar lapangan parkir mobil. Tiap petak parkir mobil diberi nomor. Salah satu petak parkir berisi mobil. Kita diminta untuk menjawab pertanyaan di petak nomor berapakah mobil tersebut parkir. Nomor-nomor petak parkir yang sudah ada menjadi petunjuk dalam menjawab soal ini.

Orang-orang dewasa cenderung berusaha menemukan relasi logika matematika dari angka-angka yang terlihat. Alhasil, kebanyakan orang dewasa melihat bahwa ini adalah sebuah soal menentukan pola angka-angka (deret) dan berusaha untuk mencari rumus hubungan antara urutan angka-angka tersebut dari kiri ke kanan. Di sinilah persoalannya menjadi terlihat sangat rumit dan orang dewasa cenderung terjebak dalam pola pikir yang biasa mereka gunakan dalam menjawab soal-soal deret matematika, yaitu “mencari rumusnya”.

Anak-anak cenderung melihat persoalan logika secara lebih sederhana. Dalam menjawab soal ini, ternyata, anak-anak tersebut mencoba melihat bagaimana membaca angka-angka supaya terlihat berurutan. Fakta bahwa mereka belum mengenal pelajaran menentukan pola angka dengan rumus yang rumit, membuat mereka cenderung mencoba mencari cara membaca urutan angka-angka tersebut. Caranya antara lain dengan mengubah sudut pandang dalam membaca gambar tersebut. Gambar tersebut adalah pandangan atas, sehingga jika gambar diputar, tidak akan mengubah pemahaman dan logika visual gambar tersebut.

Jawaban Teka-Teki
Solusi atau penyelesaian dari kuis tebak nomor parkir ini adalah dengan mengubah sudut pandang gambar untuk menemukan urutan angka yang tepat. Cobalah untuk mengubah sudut pandang anda pada gambar tersebut, anda akan melihat bahwa ini adalah urutan angka yang sederhana. Jika anda belum menemukan jawabannya, lihatlah gambar tersebut secara terbalik (putar 180 derajat).

Kesimpulan
Ini adalah soal logika untuk anak SD, jadi cobalah berpikir seperti seorang anak SD. Kadangkala kita terjebak untuk memecahkan masalah orang lain dari sudut pandang kita sendiri. Suatu persoalan kadang terlihat rumit karena sejak awal kita mencurigai bahwa itu sulit untuk diselesaikan.