Membuat Sendiri Tape Ketan Hitam

Tape ketan hitam atau tapai ketan hitam adalah salah satu dari tiga jenis tape yang paling populer selain tape singkong (tape ubi kayu) dan tape ketan hijau (kadang disebut tape ketan). Tape ketan hitam selain dimakan langsung juga dikenal sebagai bahan tambahan pada beberapa jenis makanan khas seperti lemang (atau lamang) dan ketan (atau uli). Tape ketan hitam juga banyak ditambahkan pada berberapa jenis kue dan minuman es campur. Bagaimana cara membuat tape ketan hitam? Berikut resepnya.

Bahan

  • 500 gr ketan hitam
  • 2 butir ragi tape, haluskan
  • 3 sdm gula pasir halus (opsional)

Cara Membuat

  1. Cuci beras ketan hingga bersih, kemudian rendam semalaman (10 – 12 jam). Tujuan perendaman ini agar nasi ketan menjadi lebih mengembang dan lunak.
  2. Cuci lagi beras ketan sampai bersih. Kukus beras ketan menggunakan panci kukus hingga tepat matang (tidak terlalu matang), Angkat.
  3. Tuang dan ratakan dalam nampan, biarkan terbuka dan tunggu setidaknya 2 jam hingga dingin.
  4. Siapkan wadah penyimpanan tape. Ratakan selapis ketan hitam dalam wadah. Taburkan ragi halus secara merata. Taburkan juga gula halus secukupnya jika suka (catatan: tanpa gula sekalipun tape yang sudah jadi akan terasa manis, karena memang mengandung glukosa dan alkohol dari beras ketan hitam).
  5. Tambahkan ketan selapis lagi, lalu taburkan lagi ragi halus secara merata. Demikian seterusnya. Tujuan membuat lapisan-lapisan ini adalah untuk meratakan proses fermentasi.
  6. Tutup rapat dan simpan selama 3 hari.
  7. Tape ketan hitam siap dikonsumsi atau diolah lebih lanjut.
Share
This entry was posted in Resep and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>