Membuat Jus Lidah Buaya (Aloe Vera Juice)

Banyak orang mengetahui tentang manfaat jus lidah buaya (aloe vera) untuk kesehatan. Sayangnya tidak banyak orang terbiasa mengkonsumsinya. Salah satu alasannya mungkin karena tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara membuat jus lidah buaya tersebut. Padahal caranya cukup mudah. Mau mencoba?

Alat dan Bahan

  • Beberapa daun lidah buaya yang cukup tua
  • Pisau kupas
  • Pisau dapur
  • Sendok makan
  • Blender
  • Jeruk (atau anggur, atau buah asam lain)
  • Wadah dengan tutup kedap udara

Cara Membuat

  1. Potong beberapa lembar daun lidah buaya yang cukup tua langsung dari tanaman.
  2. Kupas sisi daun lidah buaya yang berduri dengan menggunakan pisau kupas, lalu cuci daun lidah buaya dengan air matang.
  3. Belah daun lidah buaya menjadi dua. Keruk gel (“daging”) lidah buaya dengan menggunakan sendok. (Catatan: Jika anda kurang nyaman dengan cara ini, anda dapat mengupas keseluruhan kulit dan memotong kecil-kecil “daging” lidah buaya).
  4. Masukkan gel lidah buaya ke dalam blender, tambahkan air perasan buah jeruk secukupnya. Blender bahan-bahan ini selama 2 menit. (Catatan: Gel lidah buaya tanpa kulit tidak tahan lama karena akan teroksidasi oleh udara. Air jeruk berguna untuk menstabilkan gel lidah buaya supaya tahan lama dan untuk memberikan cita rasa).
  5. Tuang jus lidah buaya buatan anda ke dalam wadah dengan tutup kedap udara. Diamkan di dalam lemari es minimal 2 jam.
  6. Jus lidah buaya anda siap dikonsumsi. Jus ini tahan selama seminggu, namun untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal, sebaiknya dihabiskan dalam 3 hari.
  7. Cara mengkonsumsi jus lidah buaya: tuang dua sendok makan jus lidah buaya buatan anda ke dalam segelas air matang, lalu aduk. Jus ini masih dapat ditambahkan jus buah jika anda suka.
Share
This entry was posted in Resep and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>