Rahasia Awet Muda secara Alami

Usia anda akan selalu bertambah dan tidak bisa dikurangi. Namun secara fisik anda dapat memperlambat efek penuaan usia. Faktanya ada orang-orang yang terlihat lebih muda dari orang-orang seusianya. Berdasarkan studi diketahui pola hidup sehat dapat memperlambat penuaan fisik seseorang. Berikut beberapa tips agar awet muda.

1. Bersikap Positif
Bersikap positif dapat membuat awet muda. Hasil studi menunjukkan bahwa ada hubungan antara sikap seseorang dengan kesehatan fisiknya dan kesehatan mentalnya.

2. Berolahraga secara Teratur
Olahraga secara secara teratur membantu meningkatkan fungsi-fungsi organ. Olahraga juga meningkatkan kebugaran tubuh secara fisik dan mental. Kurang aktif bergerak merupakan faktor resiko terhadap berbagai penyakit.

3. Banyak Makan Sayur dan Buah
Sayur dan buah menyediakan banyak nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh berupa vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Kecukupan nutrisi meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan gangguan kesehatan.

4. Cukup Tidur
Tidur yang cukup membantu tubuh relaksasi secara alamiah baik secara fisik dan mental. Kurang tidur cenderung meningkatkan kebiasaan kurang baik seperti banyak makan, banyak minum kafein, stress, dan lain-lain.

5. Hindari Kebiasaan Buruk
Kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, atau menggunakan narkoba tidak memberikan dampak positif bagi kesehatan dan justru meningkatkan resiko terserang penyakit.

6. Atasi Stress secara Positif
Stress dapat diatasi dengan cara-cara positif agar tidak menjadi lebih buruk. Stress merupakan faktor resiko bagi banyak penyakit serius seperti diabetes, penyakit jantung, stress, hipertensi dan lain sebagainya.

7. Banyak Minum Air Putih
Air berperan penting dalam metabolisma. Kurangi minum minuman berkalori, kecuali dari bahan alami seperti jus buah. Sebagian besar orang yang berumur panjang percaya bahwa banyak minum air putih adalah salah satu rahasia panjang umur.

8. Pilih Makanan Alami
Makanan alami selain kaya akan nutrisi, juga dapat mengurangi resiko penyakit dan gangguan metabolisma (seperti: glukosa darah tinggi, tekanan darah tinggi, asam urat tinggi). Makanan yang diproses pabrik umumnya mengandung bahan bahan kimia berupa pewarna, pelezat, pembentuk tekstur, pengawet, dan lain sebagainya.

9. Peduli pada Diri Sendiri
Aktiflah mengusahakan kualitas hidup terbaik, mulai dari hal yang kecil seperti menjaga sanitasi dan higienitas. Periksakan kesehatan secara berkala dan segera hubungi dokter jika sakit.

10. Miliki Kehidupan yang Ceria
Kehidupan yang ceria dan menyenangkan dapat membantu menyeimbangkan produksi danĀ  fungsi hormon-hormon tertentu dalam tubuh. Bersenda gurau dengan keluarga, teman, kolega adalah hal yang wajar dan memberikan manfaat positif bagi kesehatan dan kepribadian.

11. Kurangi Paparan Sinar Matahari
Sinar matahari pagi bermanfaat bagi tubuh. Sinar matahari yang terik dapat meningkatkan resiko dehidrasi dan gangguan kesehatan pada kulit, mata, dan rambut. Kurangi paparan sinar matahari tehadap tubuh terutama saat siang yang terik.

12. Memberikan dan Mendapatkan Cinta
Memberikan dan mendapatkan cinta meningkatkan semangat hidup. Cinta bisa diberikan dan didapatkan dari orangtua, pasangan, anak, saudara, saudara seideologi, sahabat, dan lain sebagainya.

13. Melatih Otak
Terbiasa melatih otak membantu awet muda. Melatih otak membantu mempertahankan fungsi otak dan syaraf. Melatih otak dapat berupa permainan asah otak (kuiz, TTS, catur), menghapal, menulis, dan lain sebagainya.

14. Berjiwa Muda
Anda tidak akan khawatir dengan pertambahan usia jika anda selalu memiliki jiwa muda. Merasa muda membantu anda tetap semangat dan melakukan banyak hal positif. Jika anda terus merasa muda, anda akan merasa tetap berguna, tidak khawatir keluar rumah, tidak ingin merepotkan orang lain, dan tidak membatasi pergaulan.

15. Seimbangkan Kebutuhan Jasmani dan Rohani
Tidak sedikit orang yang terlalu bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan fisiknya, tetapi tidak memikirkan kebutuhan rohani. Hal ini dapat membuat hidup seseorang keluar dari batas norma kehidupan misalnya dengan melakukan kejahatan, kecurangan, penyalahgunaan narkoba, banyak minum lakohol, seks bebas, dsb yang menempatkan orang itu rentan terhadap gangguan kesehatan dan gangguan kejiwaan.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *