Radang Kulit Tomcat (Paederus Dermatitis)

Apa Itu Radang Kulit Tomcat (Paederus Dermatitis)?
Radang kulit tomcat adalah iritasi pada permukaan kulit akibat terkena racun semut tomcat. Radang ini ditandai dengan ruam merah yang melepuh serta rasa nyeri pada permukaan kulit yang terkena racun.
Radang kulit tomcat disebut juga pederus dermatitis atau linear dermatitis atau dermatitis linearis.

Radang Kulit Tomcat (Paederus Dermatitis)

Radang Kulit Tomcat (Paederus Dermatitis)

Apa Itu Semut Tomcat?
Semut tomcat (nama latinnya: Paederus riparius) atau semut kayap atau semut kanai adalah serangga yang termasuk golongan kumbang. Semut tomcat disebut juga kumbang rove. Semut tomcat berukuran antara 7-8 cm dengan warna kombinasi hitam dan jingga/merah. Sayapnya sangat tersamar karena terlipat di bawah cangkang sayap yang kecil dan pendek.

Bagaimana Semut Tomcat Menyebabkan Radang Kulit?
Semut tomcat tidak menggigit atau menyengat, tetapi cairan tubuhnya mengandung racun kuat yang disebut pederin. Racun ini dapat menyebabkan iritasi kulit. Iritasi kulit karena racun tomcat disebut radang kulit tomcat (Paederus  dermatitis). Jika anda membunuh semut ini dengan memencetnya atau menepuknya di permukaan kulit, racunnya akan terserap kulit dan menyebabkan iritasi kulit serius. Jika mengenai mata, racun tomcat juga dapat mencederai mata yang menyebabkan konjungtivitis (radang selaput mata).
Gejala awal terkena iritasi semut ini adalah kulit memerah dan terasa seperti terbakar, lalu diikuti iritasi yang menyakitkan dan gatal dengan bentol-bentol lebar dan melepuh setelah 4 hari. Kulit akan tetap mengalami iritasi dan melepuh dan sakit selama 10 hari. Racun tomcat yang mengenai tangan atau dekat lipatan tubuh (terutama ketiak, lipatan lengan dan lipatan betis) dapat menyebar ke daerah sekitarnya.

Bagaimana Menghindari Radang Kulit Tomcat?
Jangan menyentuh semut tomcat, tiup atau cuci kulit yang dihinggapi semut ini. Jika tanpa sengaja semut tomcat tergencet di kulit, segera cuci kulit yang terkena dengan sabun dan air. Racun semut ini menembus kulit dalam waktu cukup lama. Segera mencuci kulit dengan sabun akan menghilangkan sebagian besar toksin (racun) sebelum lebih banyak terserap kulit.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Terkena Racun Semut Tomcat?
Jika terkena iritasi racun semut tomcat, cuci segera kulit dengan sabun antiseptik, kemudian lakukan kompres dingin dan gunakan salep anti-histamin, atau anda juga bisa mengoleskan getah lidah buaya untuk mengurangi gejala iritasi kulit.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *