Pedoman Umum Gizi Seimbang

Berdasarkan hasil kongres gizi internasional yang diselenggarakan di Roma tahun 1992, maka semua negara peserta (termasuk Indonesia) dianjurkan membuat pedoman umum gizi seimbang. Oleh karena itu pemerintah melalui Direktorat Gizi – Departemen Kesehatan memasyarakatkan Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) pada tahun 1995. Pedoman ini kemudian dituangkan dalam 13 Pesan Dasar Pedoman Umum Gizi Seimbang (13 Pesan Dasar PUGS). 13 Pesan Dasar PUGS terdiri dari:

1. Makanlah Aneka Ragam Makanan

Tidak ada satupun makanan yang mengandung semua nutrisi yang diperlukan tubuh. Makanan pokok merupakan sumber karbohidrat, daging mengandung protein dan lemak, sayuran dan buah banyak mengandung vitamin dan mineral, dsb.

2. Makanlah Makanan untuk Memenuhi Kecukupan Energi
Kebutuhan energi dapat dipenuhi dari makanan yang banyak mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Kecukupan asupan sumber energi ditandai dengan berat badan normal.

3. Makanlah Makanan Sumber Karbohidrat, Setengah dari Kebutuhan Energi
Kebutuhan energi dapat dipenuhi dari makanan pokok sebagai penyedia karbohidrat. Tetapi makanan lainnya juga dapat memberikan asupan energi dalam bentuk karbohidrat, glukosa, protein dan lemak.

4. Batasi Konsumsi Lemak dan Minyak sampai Seperempat dari Kecukupan Energi
Lemak dan minyak bermanfaat dalam membantu metabolism tubuh. Kelebihan lemak dan minyak dalam tubuh akan disimpan sebagai lemak tubuh. Kelebihan lemak tubuh merupakan faktor resiko berbagai macam gangguan metabolisma terutama hipertensi dan diabetes.

5. Gunakan Garam Beryodium
Yodium adalah mineral penting bagi pertumbuhan dan metabolisma. Kekurangan yodium dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan, keterbelakangan mental dan penyakit gangguan metabolisma.

6. Makanlah Makanan Sumber Zat Besi
Kekurangan zat besi dapat menyebabkan penyalkit anemia. Zat besi bayak terdapat dalam sayuran hijau dan buah-buahan.

7. Berikan ASI Saja pada Bayi sampai Berumur 4 Bulan
ASI memenuhi kebutuhan semua kebutuhan nutrisi bagi bayi selama empat bulan pertama sejak kelahiran. ASI juga memberikan kekebalan (imunitas) bagi bayi secara alami.

8. Biasakan Makan Pagi

Sarapan pagi adalah sangat penting dalam menjaga kebugaran fisik dan kemampuan konsentrasi. Sarapan pagi mengurangi waktu puasa tubuh (saat tidur malam) dan mengatur selang waktu ideal bagi tubuh dalam mencerna makanan sebelum makan siang dan makan malam.

9. Minum Air Bersih, Aman, dan Cukup Jumlahnya

Untuk menjaga fungsi organ tubuh secara maksimal tubuh harus tetap terhidrasi. Air minum harus bersih dan higienis yaitu bebas dari kuman. Memasak air menjamin air bebas dari kuman yang dapat menyebabkan penyakit.

10. Lakukan Kegiatan Fisik dan Olahraga Secara Teratur

Kegiatan fisik dan olahraga dapat menjaga kebugaran fisik, mencegah kelebihan berat badan, melancarkan sirkulasi darah, menyehatkan jantung, dan lain sebagainya.

11. Hindari Minuman Beralkohol
Banyak minum alkohol merupakan faktor resiko bagi berbagai jenis penyakit. Minuman beralkohol dapat menyebabkan addiktif sehingga peminum akan selalu ingin minum dalam jumlah banyak.

12. Makanlah Makanan yang Aman bagi Kesahatan
Selain memiliki nilai nutrisi yang sehat, makanan harus aman dari berbagai bahan yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan baik berasal dari bahan dasar, pengawet, pewarna, pemanis, penambah citarasa, dsb.

13. Bacalah Label pada Makanan yang Dikemas
Makanan dengan kemasan yang baik mencantumkan fakta nutrisi dan bahan-bahan yang digunakan dalam makanan tersebut. Selain itu makanan kemasan yang baik juga mencantumkan batas tanggal kadaluarsa dan alamat layanan konsumen.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *