Apa Itu Keterampilan Non-Lokomotor (Non-Locomotor Skill) dalam Perkembangan Anak?

Pengertian Keterampilan Non-Lokomotor
Keterampilan non-lokomotor adalah kemampuan melakukan gerakan motorik anggota tubuh tanpa memindahkan seluruh tubuh dari satu tempat ke tempat lain. Istilah keterampilan non-lokomotor digunakan untuk membedakan dengan keterampilan lokomotor (locomotor skill). Keterampilan lokomotor adalah kemampuan melakukan gerakan motorik anggota tubuh untuk memindahkan seluruh tubuh seperti berjalan, berlari, melompat dan meloncat.

Macam-Macam Keterampilan Non-Lokomotor
Gerakan non-lokomotor artinya gerakan selain lokomotor. Pada dasarnya semua gerakan motorik selain gerakan lokomotor (locomotor movement) merupakan gerakan non-lokomotor (non-locomotor movement). Dalam tahap perkembangan anak, ada beberapa keterampilan non-lokomotor dasar yang diajarkan kepada anak secara bertahap antara lain memuntir badan, menekuk badan, memutar badan, dan gerakan mengubah posisi anggota badan (tangan, kaki, dan kepala).

Memuntir Badan
Gerakan memuntir atau memilin badan dapat dilakukan dengan memutar setengah badan dimana posisi kedua kaki tetap, tetapi anggota badan mulai dari pinggang sampai kepala diarahkan ke samping.

Menekuk Badan
Gerakan Menekuk badan dapat dilakukan dengan jongkok, menunduk atau menekuk badan ke samping.

Memutar Badan
Gerakan memutar badan dilakukan dengan mengubah posisi kaki untuk mengubah posisi bandan menghadap kea rah yang berbeda.

Gerakan Mengubah Posisi Anggota Tubuh (Tangan, kaki, dan Kepala)
Gerakan mengubah posisi anggota tubuh yang tidak menyebabkan berpindahnya badan secara keseluruhan ke tempat lain contohnya  menggeleng kepala, , melipat tangan, merentangkan tangan, mengangkang, mengangkat satu kaki, dsb.

Tips:
Gerakan non-lokomotor di atas sebaiknya diajarkan pada anak usia sekolah (mulai dari usia TK) oleh guru yang kompeten. Kesalahan gerakan dapat membuat anak terjatuh atau mengalami cedera otot.

Share
This entry was posted in Keterampilan, Parenting and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>