Empat Sehat Lima Sempurna, Panduan Umum Menu Makanan Sehat

Apa Itu 4-Sehat 5-Sempurna?
4-sehat 5-sempurna adalah pedoman umum menu makanan sehat sehari-hari yang terdiri dari empat jenis makanan utama berupa makanan pokok, lauk, sayur, dan buah serta satu jenis makanan tambahan berupa susu.

Apa yang Terkandung dalam Makanan 4-Sehat 5-sempurna?
Makanan empat sehat lima sempurna mengandung sejumlah zat gizi yang diperlukan oleh tubuh.

  1. Makanan Pokok. Makanan pokok dapat berupa nasi, terigu (gandum), sagu, singkong, ubi, jagung, atau kentang. Makanan pokok merupakan sumber energi tubuh berupa karbohidrat. Karbohidrat akan dicerna menjadi glukosa yang yang diserap tubuh dan digunakan untuk menghasilkan tenaga.
  2. Lauk. Lauk dapat berupa daging, ikan, telor, tahu, tempe, dan lain-lain. Lauk merupakan sumber zat pembangun berupa protein. Protein berguna untuk membangun sel-sel tubuh.
  3. Sayur. Sayur dapat berupa bayam, daun singkong, terong, kacang panjang, cabe, dan lain-lain. Sayuran merupakan sumber zat pengatur fungsi tubuh berupa vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral membantu mengatur fungsi tubuh dan menjaga kesehatan.
  4. Buah. Ada banyak jenis buah yang dapat dikonsumsi harian seperti jeruk, papaya, anggur, jambu, pisang, dan lain-lain. Buah merupakan sumber zat pengatur selain sayuran. Buah banyak mengandung vitamin dan mineral.
  5. Susu. Susu adalah tambahan yang melengkapi menu 4 sehat di atas. Susu menyediakan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

4 Sehat 5 Sempurna dan Konsep Menu Makanan Sehat Lainnya
Konsep 4 sehat 5 sempurna awalnya dijadikan panduan dasar pemenuhan gizi masyarakat. Sebelum konsep mengenai gizi seimbang mengemuka, konsep 4-sehat 5-sempurna menjadi panduan yang mudah dipahami dan diikuti. Bahkan sampai saat ini, sebagian masyarakat umum masih sulit memahami seberapa banyak kalori dalam sepiring nasi, berapa asupan vitamin A harian yang direkomendasikan, berapa gram satu potong saji ikan tuna, dan besaran-besaran kuantitatif lainnya. Kandungan nutrisi esensial seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral sudah terwakili dalam menu makanan empat sehat lima sempurna. Oleh karena itu konsep 4 sehat 5 sempurna tidak bertentangan konsep menu sehat yang muncul kemudian seperti 13 Panduan Umum Gizi Seimbang, Tumpeng Gizi, Padu Padan Makanan, dan konsep menu makanan sehat lainnya. Tentu saja konsep 4 sehat 5 sempurna perlu disempurnakan sendiri oleh setiap orang sesuai dengan tingkat pengetahuannya mengenai makanan sehat misalnya, minum 8 gelas air sehari, perbanyak makan serat, penuhi nilai asupan gizi harian, dan lain-lain.

Share
This entry was posted in Nutrisi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>