12 Khasiat Jintan Hitam

Jintan hitam (nigella sativa) atau jinten hitam atau habbatussauda adalah tanaman obat yang dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Tanaman ini dikenal berasal dari daerah Timur tengah. Yang dimanfaatkan dari tanaman ini adalah bijinya. Berikut beberapa manfaat jintan hitam bagi kesehatan.

1. Antioksidan
Jintan hitam mengandung senyawa thymoquinone yang memiliki sifat antioksidan yang menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas.

2 Anti Radang
Senyawa thymoquinone memiliki sifat anti-inflamasi (anti-peradangan) sehingga efektif digunakan sebagai obat oles untuk mengobati jerawat yang meradang dan menghaluskan kulit.

3. Mengobati Gangguan Pencernaan
Jintan hitam mengandung senyawa anti bakteri yang efektif membunuh bakteri kolera, E. coli dan Shigella spp. Jintan hitam efektif digunakan untuk mengobati gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan sebab-sebab lain yang non-spesifik dengan gejala perut mulas, diare dan muntah-muntah.

4. Melawan Kanker
Jintan hitam mengandung asam lemak yang dapat menghambat pertumbuhan kanker. Jintan hitam mengandung bahan yang menstimulasi produktivitas sumsum tulang dan imunitas serta produksi interferon, melindungi sel-sel normal melawan virus perusak sel dan melawan sel-sel tumor tanpa merusak sel-sel sehat.

5. Memperkuat Imunitas Tubuh
Jintan hitam mengandung zat yang dapat meningkatkan jumlah sel-sel T yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Ekstrak jintan hitam berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai bioregulator.

6. Meningkatkan Memori dan Konsentrasi

Jintan hitam mengandung asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3) yang merupakan nutrisi bagi sel-sel otak yang berguna meningkatkan daya ingat dan kecerdasan.

7. Meningkatkan Bioaktivitas Hormon
Hormon merupakan zat aktif yang diproduksi oleh kelenjar endokrin yang masuk dalam peredaran darah. Jintan hitam mengandung sterol yang berperan aktif dalam sintesis dan bioaktivitas hormon.

8. Menetralkan Toksin
Jintan hitam mengandung bahan kimia yang disebut saponin yang memiliki kemampuan menentralkan toksin dalam tubuh dan membantu membuang toksin tersebut dari dalam tubuh.

9. Mengatasi Susah Tidur dan Stress
Senyawa sponin yang terdapat dalam jintan hitam mempunyai fungsi seperti kortikosteroid yang bisa mempengaruhi metabolisma karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot dan syaraf. Saponin berfungsi mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur dan dapat menghilangkan stress.

10. Anti Alergi
Histamin adalah zat yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh sebagai reaksi alergi. Crystalline nigellone yang terdapat dalam jintan hitam mengandung protein kinase C, zat yang dikenal menghambat pelepasan histamin. Mengkonsumsi jintan hitam bisa mengurangi reaksi alergi pada penderita asma, bronchitis, dan penyakit alergi lainnya tanpa efek samping.

11. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi dalam Kandungan
Kandungan omega 3, omega 6, dan omega 9 yang terdapat dalam jintan hitam dikenal sebagai nutrisi penting bagi ibu hamil dan menjaga pertumbuhan bayi dalam kandungan.

12. Suplemen Nutrisi
Jintan hitam mengandung 15 macam asam amino termasuk 9 jenis asam amino esensial. Asam amino esensial tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup sehingga dapat dipenuhi dari suplemen seperti jintan hitam. Jintan hitam juga mengandung kalsium, potassium, zat besi, arginine, magnesium, selenium, vitamin A, B1, B2, B6, C, E dan niacin.

Share
This entry was posted in Nutrisi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>