Mitos-Mitos tentang Penyebab Diabetes

Ada banyak mitos dan salah pengertian yang beredar di masyarakat mengenai penyebab penyakit diabetes mellitus atau penyakit kencing manis atau penyakit gula. Berikut adalah beberapa mitos yang sering kita dengar mengenai penyakit diabetes:

Mitos: Diabetes disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi gula.
Fakta: Diabetes tipe 1 disebabkan karena faktor genetika (faktor keturunan) dan faktor-faktor lainnya yang tidak diketahui yang memicu timbulnya diabetes tersebut. Diabetes tipe 2 disebabkan oleh faktor genetika dan faktor pola hidup. Obesitas atau kegemukan memang menjadi salah satu faktor resiko terkena diabetes tipe 2, dan makanan kalori tinggi (bisa berasal dari karbohidrat, gula, atau lemak) dapat menyebabkan naiknya berat badan.

Mitos: Obesitas (kegemukan) atau kelebihan berat badan menyebabkan diabetes tipe 2.
Fakta:  Kelebihan berat badan memang merupakan faktor resiko diabetes tipe 2, tetapi faktor-faktor lainnya seperti faktor keturunan, etnik, dan usia juga berperan. Cuma karena seseorang berat badannya naik, tidak berarti bahwa ia akan terkena diabetes tipe 2. Banyak orang yang mengabaikan faktor lainnya dan mengira kelebihan berat badan merupakan satu-satunya faktor penyebab diabetes tipe 2. Banyak orang gemuk tau kelebihan berat badan yang tidak terkena diabetes tipe 2 dan sebaliknya banyak penderita diabetes tipe 2 yang berat badannya normal, atau hanya sedikit gemuk.

Mitos: Semua tipe diabetes adalah karena faktor keturunan.
Fakta: Tidak semua orang yang menderita diabetes karena keturunan penderita diabetes. Orang cenderung mewarisi diabetes tipe 2 lebih banyak daripada diabetes tipe 1. Anda akan dianggap memiliki resiko terkena diabetes tipe 2 jika ada keluarga langsung yang terkena diabetes.

Mitos: Diabetes menular
Fakta: Diabetes bukanlah penyait akibat infeksi, sehingga tidak dapat menular. Diabetes merupakan kelainan metabolisma. Diabetes terjadi karena tidak insulin yang diproduksi oleh sel-sel beta pada pankreas terlalu sedikit atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin tersebut secara efisien, sehingga insulin tidak dapat menurunkan kadar glukosa darah secara memadai.

Mitos: Hanya orang berusia lanjut yang terkena diabetes.
Fakta: Diabetes tipe 2 biasanya terjadi pada orang dewasa tua. Diabetes tipe 1 biasanya terdiagosa pada anak-anak dan remaja. Berbagai faktor dapat menyebabkan munculnya diabetes tipe 1 termasuk faktor keturunan dan karena kerusakan sel pankreas akibat virus. Meskipun diabetes tipe 1 biasa muncul pada orang berusia muda, ia dapat muncul pada usia berapapun.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *