Mengapa Anak Malas Olahraga?

Melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga perlu dibiasakan sejak usia dini. Umumnya anak senang melakukan olahraga khususnya yang diminatinya. Sebagian anak malas untuk berolahraga karena alasan-alasan tertentu.  Jika anda ingin mendorong anak yang malas berolahraga untuk mulai melakukan gerak badan, anda harus tahu apa penyebab anak malas berolahraga? Berikut beberapa penyebab anak malas berolahraga.

Tidak Punya Ide
Sebagian besar anak dapat memilih dan menentukan sendiri aktivitas yang disukainya termasuk dalam memilih jenis olahraga. Tetapi ada juga anak yang tidak memiliki ide mengenai jenis olahraga apa yang disukainya. Jika tidak ada yang mengajak, menawarkan, memberikan contoh,  atau memberikan pilihan, maka anak mungkin tidak punya ide untuk mulai melakukan olahraga.

Tidak Memiliki Partner
Bagi sebagian anak, melakukan olahraga akan jauh lebih menyenangkan dan seru jika dilakukan bersama teman misalnya rollerblade, bersepeda, jogging, dsb. Beberapa jenis olahraga bahkan harus dilakukan dengan partner atau secara kolektif seperti badmninton, tennis, sepakbola, dsb.

Tidak Memiliki Fasilitas
Anak mungkin malas untuk melakukan olahraga jika ia tidak memiliki fasilitas untuk melakukan olahraga yang disukainya. Anak mungkin akan tertarik untuk mulai melakukan olahraga jika ia memiliki fasilitas yang mendukung seperti sepeda, bola dan ring basket, rollerblade, raket, dsb.

Tidak Memiliki Waktu
Sebagian anak tidak bisa mengatur waktu untuk melakukan olahraga. Seringkjali anak tidak mau menyediakan waktu untuk berolahraga dan lebih suka memanfaatkan waktu luang untuk melakukan aktivitas lain. Jika ia tidak diarahkan untuk menyediakan waktu berolahraga, ia cenderung malas untuk berolahraga.

Kurang Motivasi

Bagi sebagian anak yang malas berolahraga, melakukan gerak badan sama halnya dengan melakukan aktivitas lain seperti nonton TV, main games, surfing internet, dsb. Anak mungkin kurang menyadari bahwa olahraga tertentu bisa saja menjadi aktivitas yang menyenangkan dan memberikan manfaat bagi kesehatan.

Lingkungan yang Tidak Mendukung
Lingkungan dapat mempengaruhi pola hidup seseorang. Anak-anak mudah terinspirasi dengan aktivitas orang-orang di sekitarnya. Jika anak berada di lingkungan dimana tidak ada orang yang melakukan olahraga, ia juga mungkin akan malas untuk berolahraga.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *