Menemukan Ide Nama Bayi

Memberi nama untuk bayi adalah pekerjaan gampang-gampang susah. Memilih nama bayi bisa dibilang gampang jika merujuk nama-nama yang sudah ada. Bukankah milyaran orang di dunia ini semuanya memiliki nama? Ambil saja nama yang anda anggap paling bagus. Banyak buku-buku dan situs-situs internet yang menyediakan daftar nama bayi beserta asal-usul bahasa dan arti katanya. Namun kenyataannya memberi nama bagi kebayakan orangtua bukanlah pekerjaan sederhana.

Seiring dengan peningkatan wawasan seseorang maka, semakin banyak pula wawasan tentang nama orang-orang yang diketahuinya. Kalau dahulu orang jawa selalu memberikan nama anaknya dengan bahasa jawa, demikian pula dengan orang sunda selalu diberi nama dari bahasa sunda. Tapi lihat dan dengarlah nama-nama anak sekolah TK atau SD sekarang ini misalnya, sebagian besar sudah menggunakan nama-nama “umum” bukan lagi berasal dari kata bahasa daerah. Tidak bisa kita simpulkan bahwa orang tua jaman sekarang tidak menyukai nama dari bahasa daerah. Kalau sekarang orang tua menggunakan nama dari bahasa asing misalnya, itu adalah salah satu dari pengaruh wawasan yang dimilikinya.

Orang tua jaman sekarang lebih tebuka, untuk menerima nama-nama baru, bila perlu mengambil dari kata bahasa asing. Katakanlah orang tua sekarang sudah tidak membatasi diri terhadap pemilihan nama anak, bukan berarti memilih nama menjadi mudah. Kultur orang kita (Indonesia) masih menggunakan pertimbangan-pertimbangan dalam memberi nama anak. Faktor arti atau makna kata masih menjadi pertimbangan utama dalam memberi nama anak. Bahkan sebagian orang masih berpegang teguh pada keyakinan bahwa nama adalah doa. Pemberian nama bahkan mungkin harus dengan konsultasi pada orang “pintar” tertentu.

Artikel ini tidak menyarankan anda untuk memilih nama tertentu, namun hanya bersifat memberikan saran agar anda lebih mudah dalam memilih nama bayi dengan cara mempersempit area pemilihan nama.

1. Gender
Nama sebaiknya menunjukkan gender. Sebaiknya nama seseorang (bahkan nama panggilannya) sudah menunjukkan apakah dia laki-laki atau perempuan. Hal ini perlu untuk menghindari salah duga dan menghindari nama anak jadi bahan olokan. Nama Budiman anak laki-laki setara dengan nama Budiwati untuk perempuan. Nama Muliawan setara dengan nama Muliawati. Nama Solihin setara dengan nama Solehah.

2. Karakter (Pelaku)

Pemilihan nama karakter biasanya adalah salah satu pertimbangan utama dalam memberi nama anak. Pada umumnya orang percaya bahwa nama adalah doa, harapan dan cita-cita orang tua. Contoh nama berdasarkan karakter adalah Budiman (orang yang memiliki budi), Muliawan (orang yang mulia), Solehah (wanita yang sholeh), dsb.

3. Sifat yang Menunjukkan Karakter
Kata sifat dapat langsung digunakan sebagai nama untuk menunjukkan harapan orang tua terhadap sifat anaknya. Contoh nama yang diambil dari kata sifat antara lain: Budi, Mulia, Arif, Sabar.

4. Pensifatan dari Benda atau Peristiwa
Nama dapat diambil pula dari pensifatan benda dan peristiwa yang dianggap istimewa.
Misalnya kata Melati diambil dari nama bunga, mempunyai konotasi putih, bersih, indah, wangi dan disukai banyak orang.
Contoh lain: Bulan, Bintang, Pelangi, Guntur, Mutiara, Mawar, Strawberry.

5. Bahasa.
Pemilihan bahasa merupakan salah satu pertimbangan utama dalam penamaan bayi menurut kultur Indonesia. Nama Cahaya dalam bahasa Indonesia, setara dengan nama Cahyo dalam bahasa Jawa atau nama Nur dalam bahasa Arab.

6. Identifier
Sebagian orang suka menggunakan identifikasi sebagai nama misalnya nomor urut, hari, tanggal, bulan kelahiran atau gender.

  • Nama berdasar nomor urut misalnya: Eka (sansekerta: satu), Isnaini (Arab: dua), Nyoman (Bali: anak ketiga), Barep (Jawa: sulung), Fiva (“plesetan” five, Inggris: lima).
  • Nama bulan atau zodiak seperti: Januari, April, Ramadhan, Aries.
  • Nama hari: Anggara (Jawa:selasa), Jenar (pasaran Jawa: pahing), Frida (“plesetan” Friday, Inggris: Jum’at).
  • Nama berdasar gender: Putri, Mahaputra, Annisa (Arab: wanita), Boy (Inggris: anak laki-laki).


7. Tokoh

Banyak orang menggunakan nama tokoh atau karakter untuk anaknya dengan harapan anaknya kelak mempunyai sifat atau prestasi seperti tokoh atau karakter tersebut. Nama berdasarkan tokoh atau karakter misalnya: Yusuf, Sulaiman, Alexander, Cinderella, Colombus, Asterix.

8. Memorabilia
Kelahiran bayi adalah peristiwa penting dan istimewa dalam suatu keluarga. Sebagian orang tua suka memberi nama anaknya sebagai sebuah “catatan” sejarah yang dianggap mempunyai nilai historis istimewa.
Contoh nama memorabilia antara lain:

  • Nama gabungan nama ayah dan nama ibu, nama Karyono dan Kartini digabungkan jadi Kaka atau Noni.
  • Nama tempat kelahiran (terutama untuk yang lahir di luar negeri), misalnya Catalunia, Milano, dsb
  • Nama peristiwa: Guntur, Gerhana, Aidil Fitri (lahir 1 syawal), Kartini (Lahir 21 April), Milenia (Lahir tahun 2000), dsb
  • Nama dokter atau bidan atau seseorang yang dianggap berjasa saat persalinan bayi.

9. Alasan Personal
Seorang Ibu mungkin memberi nama anak laki-lakinya dengan nama Vuitton karena kesukaannya pada merek tas Louis Vuitton (bukan karena ketokohan seorang Vuitton). Seorang Bapak mungkin menamakan anak laki-lakinya dengan nama Milano karena kesukaannya pada klub sepakbola Italia AC Milan (bukan karena anaknya lahir di Milan atau ia pernah pernah tinggal di Milan).

10. Kreatif
Nama kreatif adalah nama yang diambil dari kata atau nama yang umum, dimodifikasi secara kreatif untuk membedakan dengan kata aslinya supaya lebih indah dan enak didengar.

  • Juniati adalah modifikasi dari nama bulan Juni ditambah  kata -ati (dari kata –wati) untuk memberi identifikasi gender.
  • Okto adalah modifikasi dari nama bulan Oktober dikurangi kata suku kata –ber, jadi terdengar maskulin.
  • Fiva dan Frida adalah modifikasi dari kata Five (Inggris: lima) dan Friday (Inggris: jum’at), jadi berkesan feminim.
  • Penyesuaian fonetik lokal: Agustin/Agustina/Agustini (dari kata nama Agustine), Kristin/Christin (dari nama Christine), Tomi (dari nama Tommy), Anisa (dari nama Annisa’), Joni (dari nama Johnny).
  • Variasi fonetik lokal: Kurniawaty (dari nama Kurniawati), Budhi (dari Nama Budi), Noor (dari nama Nur), Santosa (dari nama Jawa Santosa seharusnya dibaca Santoso).

Nama-Nama untuk si Kembar
Sebetulnya tidak ada kaidah yang mengharuskan nama si kembar harus mirip. Namun demikian kebanyakan anak kembar diberi nama yang mirip. Anak kembar dianggap istimewa, sehingga orang tua umumnya ingin menunjukkan anak-anak mereka kembar  dari namanya. Bagi anak kembar biasanya namanya dibuat setara. Setara bisa berarti:

  • Setara makna: Topan dan Badai, Akbar dan Agung, Intan dan Berlian.
  • Setara fonetik: Ana dan Ani, Susi dan Susan, Andika dan Andini, Aulia dan Mulia, Tono dan Toni..
  • Setara makna dan Fonetik: Soleh dan Solehah, Guntur dan Guruh, Kurniawan dan Kurniawati.
  • Setara kedudukan: Nakula dan Sadewa, Manna dan Salwa, Mawar dan Melati, Bulan dan Bintang.
  • Setara fonetik dan kedudukan: Umar dan Usman, Budiman dan Darmawan.
  • Setara kata jika nama lebih dari satu kata misalkan Rahmat Santoso dan Kurnia  Santoso, Ade Ramadhan Anwar dan Dea Ramadhani Anwar.

Tips Memberi Nama Bayi

  • Buatlah nama yang membuat bangga pemilik nama, jangan membuat nama yang akan membuat malu pemilik nama. Nama Pleki mungkin terdengar keren tetapi lebih sering digunakan untuk anjing. Nama Mio sering digunakan untuk kucing.
  • Sebaiknya nama memiliki pengertian atau makna, kalau nama menggunakan bahasa asing sebaiknya mengetahui asal kata dan artinya.
  • Jangan membuat nama secara iseng supaya mudah dikenali dan asal beda.
  • Pada umumnya di Indonesia tidak menganut penggunaan nama keluarga (family name), kecuali beberapa suku misalnya, Batak, Maluku, Manado menggunakan nama marga. Anda mungkin bisa membuat nama anak menggunakan nama belakang anda, tetapi anak anda belum tentu akan menamakan anaknya (cucu anda) memakai nama belakang anda. Kalau anda berasal dari suku yang tidak menggunakan nama marga, jangan memaksakan keturunan anda menggunakan nama keluarga tertentu yang anda buat sendiri.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *