Memilih Mainan yang Aman untuk Balita

Membelikan mainan bisa jadi hal yang menyenangkan dan bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi orang tua. Puas rasanya bagi orang tua bila dapat memberikan mainan yang disukai dan menyenangkan si buah hati.
Memilih mainan yang cocok untuk anak haruslah mempertimbangkan aspek keselamatan penggunaan mainan mainan tersebut oleh anak anda.
Luangkan waktu untuk memilih mainan untuk anak secara hati-hati untuk memastikan bahwa mainan yang anda pilih akan memberikan kesenangan dan keamanan bagi si kecil. Ada beberapa aspek yang perlu anda perhatikan saat memilih mainan untuk balita yang berkaitan dengan aspek keamanan mainan tersebut bagi anak-anak, diantaranya adalah:

Rekomendasi Usia
Banyak orang tua yang tidak memperhatikan bahwa mainan yang baik memberikan rekomendasi usia. Rekomendasi usia yang dibuat oleh pabrik telah didasarkan pada pertimbangan potensi bahaya yang mungkin terjadi akibat penyalahgunaan mainan tersebut oleh anak yang belum cukup umur. Secara umum mainan untuk anak usia tertentu boleh digunakan untuk anak yang lebih dewasa. Jika anak anda belum cukup umur untuk suatu jenis mainan jangan memaksakan diri untuk memberikannya kepada anak anda.

Bagian-Bagian Kecil
Komponen atau bagian kecil yang dapat terlepas pada mainan memiliki resiko tertelan oleh anak. Pabrik mainan biasanya memberikan peringatan pada kemasan mainan yang mengandung bagian-bagian kecil. Pada umumya mainan untuk anak di bawah tiga tahun tidak boleh mengandung bagian-bagian kecil yang bisa terlepas. Namun perlu diperhatikan juga kemungkinan bahwa mainan tersebut dapat robek, pecah atau putus sehingga membentuk bagian kecil yang dapat tertelan oleh anak.

Senar atau tali
Senar, tali, pita atau kabel dapat menyebabkan anak tercekik baik secara tidak sengaja misalnya terjerat di leher maupun secara iseng pada saat bermain dengan teman-temannya. Senar nilon halus jika ditarik dengan tangan dapat menyebabkan luka pada tangan. Mainan yang memiliki komponen senar atau tali harus dibuat sedemikian rupa supaya tidak berbahaya bagi si kecil. Jika komponen tersebut tidak penting dapat hilangkan atau di perpendek. Mainan yang aman untukbalita tidak memiliki tali yang panjang.

Boneka berbulu
Boneka binatang untuk mainan balita harus dipilih dengan teliti. Hindari boneka yang memiliki mata plastik yang bisa terlepas atau dikunyah anak. Hindari memilih boneka hewan dengan bulu panjang yang mudah terlepas.

Kualitas
Kualitas mainan sangat penting untuk keselamatan balita anda. Mainan yang aman terbuat dari bahan yang aman, tidak menimbulkan potensi bahaya keselamatan dan kesehatan. Lem yang mudah terlepas atau bahan yang mudah pecah, sobek, atau putus dapat menghasilkan bagian-bagian kecil yang dapat tertelan.
Ada banyak mainan yang aman ketika kondisinya masih baru, tetapi karena mereka menjadi aus, hal tersebut dapat menimbulkan potensi bahaya. Jika Anda melihat bagian-bagian yang rusak, aus atau warna cat atau masalah kondisi lain, sebaiknya dihindari.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *