Membuat Sendiri Kelapa Kopyor Buatan

Salah satu bahan istimewa dari kelapa untuk membuat minuman es adalah kelapa kopyor. Kelapa kopyor sangat ideal untuk membuat es kelapa atau es campur karena memiliki tekstur halus dan lunak, wana yang cerah, dan tentu saja citarasa yang lezat. Sayangnya, kelapa kopyor sangat sulit diperoleh di pasaran, kalaupun ada harganya cukup mahal dibandingkan kelapa muda biasa. Kabar baiknya anda bisa membuat sendiri kelapa kopyor buatan (ada juga yang menyebutnya kopyor sintetis, kopyor imitasi, atau kopyor fantasi) dengan tekstur mirip kelapa kopyor dan memiliki citarasa buah kelapa.

Bahan-Bahan
Bahan-bahan membuat kelapa kopyor buatan sbb.

  • 1 sachet bubuk agar-agar putih rasa polos
  • 1/2 butir daging buah kelapa, parut putihnya saja
  • 2 gelas air kelapa
  • 2 buah es batu besar

Cara Membuat
Cara membuat kopyor buatan sbb

  1. Buat santan dari kelapa parut menggunakan 2 gelas air kelapa.
  2. Masukkan  santan dalam panci. Tambahkan bubuk agar-agar polos, aduk. Masak sampai mendidih sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah.
  3. Siapkan baskom berisi dua bongkah es batu, tambahkan air matang.
  4. Tuang cairan agar-agar sesendok demi sesendok (tips: gunakan sendok sayur agar lebih mudah dan aman bagi tangan) di atas es batu. Biarkan agar-agar bergulir di atas es batu lalu jatuh terendam air es. Agar-agar akan segera menggumpal dan mengambang dengan bentuk seperti kerukan daging buah kelapa kopyor.
  5. Kelapa kopyor siap diolah menjadi minuman segar berupa es kelapa atau es campur.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *