Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Wortel (bahasa latinnya: Daucus carota) adalah sayuran yang sangat populer di dunia, mudah diolah, murah harganya, enak rasanya, dan kaya akan nutrisi. Warna yang cerah dan tekstur yang padat menjadikan wortel tidak hanya dimakan sebagai sayuran utama tetapi juga cocok dijadikan hiasan hidangan sekaligus penarik selera makan. Wortel disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa karena rasanya yang manis dan renyah. Khasiat wortel untuk kesehatan tubuh telah lama dikenal. Berikut beberapa manfaat kesehatan wortel.

Wortel sangat bermanfaat untuk kesehatan

Wortel mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan

Mencegah Kanker
Wortel memiliki sifat anti-karsinogen sehingga membantu mencegah kanker dan dipercaya memiliki sifat menyembuhkan kanker. Banyak studi yang menunjukkan bahwa memakan wortel dapat menurunkan resiko kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker usus besar. Konsumsi beta-karoten yang cukup dalam menu makanan harian mengurangi resiko ketiga jenis kanker tersebut.

Menyehatkan Mata
Vitamin A telah lama diketahui berperan penting dalam menjaga kesehatan mata khususnya retina mata. Wortel kaya akan beta-karoten, suatu zat yang diubah menjadi vitamin A di hati. Di retina mata, vitamin A diubah menjadi rhodopsin, suatu pigmen ungu yang diperlukan untuk melihat di malam hari. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan katarak.

Mencegah Penyakit Jantung
Hasil studi membuktikan bahwa bahan makanan yang kaya karotenoid (pigmen yang memberikan warna pada bagian tumbuhan) dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Juga, kandungan serat larut (soluble fiber) pada wortel dapat menurunkan kadar kolesterol darah.

Merawat Kulit
Wortel memiliki kemampuan detoksifikasi yang membantu membersihkan hati, sehingga efektif untuk mengobati jerawat yang disebabkan oleh toksin (racun) dari darah.  Vitamin A dalam wortel dapat berperan dalam memelihara kulit, mencegah kulit kering dan masalah kulit lainnya. Wortel juga berguna untuk merawat warna kulit yang tidak merata karena pigmentasi.

Berperan sebagai Anti Aging
Beta-karoten dalam wortel juga bertindak sebagai antioksidan yang membantu tubuh melawan kerusakan sel. Beta-karoten juga membantu memperlambat penuaan sel-sel dan berbagai efek negatif yang berkaitan dengan penuaan.

Menurunkan Glukosa Darah
Wortel baik untuk pengaturan glukosa darah karena adanya karotenoid dalam wortel. Karotenoid berperan mengurangi resistensi insulin sehingga membantu menurunkan glukosa darah.

Mencegah Hipertensi
Wortel menandung potassium suksinat yang memiliki sifat obat anti-hipertensif sehingga membantu menurunkan tekanan darah. Sehingga wortel juga merupakan menu makanan yang baik bagi penderita hipertensi (tekanan darah tinggi).

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *