Manfaat Psikologis Berolahraga

Semua orang menyadari manfaat berolahraga secara teratur bagi kesehatan fisik, namun tidak semua orang menyadari bahwa melakukan olahraga juga dapat memberikan manfaat psikologis. Apa manfaat psikologis dari olahraga secara teratur? Berikut beberapa manfaat psikologis berolahraga secara teratur.

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Orang yang sering berolahraga cenderung memiliki perawakan yang ideal dan bugar. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri.

2. Meningkatkan Mood
Olahraga dapat menstimulasi banyak hormon yang mempengaruhi mood seperti serotonin, dopamine, dan endorphine. Mood yang baik membuat seseorang menanggapi secara positif rangsangan yang mempengaruhi emosi.

3. Mengurangi Stress
Olahraga adalah salah satu cara yang dianjurkan untuk mengatasi stress secara positif. Olahraga membantu pelepasan bahan neurokimia otak yang dapat mengurangi stress. Olahraga juga membuat tubuh lebih bugar sehingga mengurangi resiko stress karena tubuh siap menghadapi beban pekerjaan fisik dan mental.

4. Membuat Tidur Lebih Nyenyak
Berolahraga rutin dapat membuat tidur lebih berkualitas karena lebih nyenyak dan cukup. Tidur yang cukup membuat tubuh kita mendapatkan waktu relaksasi otot dan syaraf yang maksimal sehingga dapat mengurangi kelelahan fisik dan mental.

5. Meningkatkan Kemampuan Memori dan Konsentrasi
Olahraga teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah yang membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke otak. Kerja otak akan maksimal jika mendapatkan nurisi dan oksigen yang memadai. Fungsi otak yang sehat meningkatkan kemampuan memori dan konsentrasi.

6. Menambah Semangat
Berolahraga secara teratur meningkatkan kebugaran sehingga tubuh merasa segar lebih lama dan tidak mudah lelah atau lesu yang dapat membuat orang kehilangan semangat dalam melakukan aktivitas.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *