Manfaat Minyak Zaitun (Olive Oil) bagi Kesehatan

Minyak zaitun (olive oil) diperoleh dari ekstrak buah zaitun yang umumnya berasal dari wilayah mediterania. Minyak zaitun dikenal diseluruh dunia sebagai minyak nabati yang kaya khasiat sehingga banyak digunakan untuk memasak, memanggang, bahan baku obat, sabun, kosmetik, tonik, dan produk perawatan tubuh lainnya. Apa manfaat minyak zaitun bagi kesehatan? Berikut beberapa khasiat minyak zaitun.

1. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular
Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) dan antioksidan yang bermanfaat mengurangi kolesterol LDL (low-density lipoprotein) dan menaikkan angka kolesterol HDL (high-density lipoprotein). Kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung dan pembuluh darah. Kolesterol HDL (high-density lipoprotein) justru berkhasiat mencegah penimbunan plak kolesterol pada pembuluh darah.

2. Mengurangi Resiko Kanker
Minyak zaitun kaya akan polifenol yang bekerja sebagai antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi (anti-radang). Oleh karena itu mengkonsumsi minyak zaitun dapat membantu mengurangi resiko stress oksidatif dan dan inflamasi kronis pada sel-sel tubuh. Studi menunjukkan minyak zaitun dapat mengurangi resiko kanker payudara, kanker saluran pernapasan, dan kanker saluran pencernaan.

3. Mengendalikan Kadar Glukosa Darah
Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal (LJTT) yang membantu menjaga level insulin dalam darah. Insulin berperan membantu sel tubuh menyerap glukosa dari aliran darah dan memastikan kadar glukosa darah tidak berlebihan. Kadar glukosa darah yang terlalu tinggi menyebabkan diabetes.

4. Mengurangi Resiko Artritis (Nyeri Sendi)
Minyak zaitun mengandung zat anti-inflamasi (anti-radang) yang berperan dalam menjaga membran sel tetap sehat untuk menjamin proses pemindahan nutrien antar sel dan membuang limbah metabolisma. Hal ini membantu mengurangi resiko artritis.

5. Menjaga Kesehatan Tulang
Minyak zaitun banyak mengandung oleat yang membantu kalsifikasi dan mineralisasi tulang sehingga regenerasi tulang berlangsung dengan baik.

6. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan
Minyak zaitun diketahui berkhasiat mengobati luka, konstipasi dan infeksi pada saluran pencernaan. Minyak zaitun yang memiliki sifat anti-inflamasi juga membantu menyembuhkan masalah kandung empedu dan infeksi saluran kemih (urinary tract infection, UTI).

7. Memperlambat Penuaan
Minyak zaitun kaya kaya antioksidan termasuk vitamin E dan vitamin K yang menghaluskan kulit. Minyak zaitun juga mengandung polifenol yang mencegah proses penuaan. Minyak zaitun juga mengandung asam lemak yang bermanfaat melemaskan pembuluh darah dan menghaluskan kulit.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu melindungi tubuh dari infeksi dan membantu proses penyembuhan jaringan tubuh.

9. Membantu Mengurangi Berat Badan
Orang yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan dapat terbantu dengan mengkonsumsi minyak zaitun karena minyak zaitun mengandung lemak yang lebih sehat yang membantu melancarkan metabolisma.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *