Manfaat Minum Air Kelapa

Setiap butir kelapa mengandung 200 ml sampai 1000 ml air yang terdapat di dalam biji kelapa. Air kelapa yang biasa dikonsumsi adalah air kelapa yang masih muda yang berasal dari kelapa segar. Air kelapa adalah salah satu minuman alami yang diminum di seluruh dunia. Air kelapa diketahui mengandung nutrisi bermanfaat. Minum air kelapa tidak hanya menyegarkan tetapi juga dapat memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat minum air kelapa.

1. Menghidrasi Tubuh
Air kelapa sangat baik diminum sebagai minuman isotonik untuk menggantikan ion tubuh yang hilang karena berbagai aktivitas. Air kelapa mengandung 5 macam komponen elektrolit penting tubuh yaitu kalium (potassium), magnesium, fosfor, kalsium, dan natrium (sodium). Air kelapa banyak digunakan untuk meringankan diare untuk menggantikan kehilangan cairan dari saluran gastrointestinal dan mengurangi kebutuhan terapi infus.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh terhadap Penyakit
Air kelapa mengandung asam laurat yang memiliki sifat anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-protozoa, sehingga meningkatkan daya tubuh terhadap penyakit yang disebabkan bakteri, jamur, dan protozoa tertentu.

3. Membantu Pencernaan
Air kelapa mengandung beberapa jenis enzim bioaktif seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, dan polimerase RNA, yang berperan mengatasi masalah pencernaan.

4. Membantu Mengatasi Masalah Kehamilan
Air kelapa dikenal sebagai obat alami bagi wanita hamil yang mengalami masalah asiditas, konstipasi, danheartburn.

5. Mengurangi Resiko Infeksi Saluran Kemih
Air kelapa memiliki sifat diuretik alami, sehingga membantu mengurangi resiko infeksi saluran kemih (urinary tract infection, UTI).

6. Meningkatkan Laju Metabolisma
Asam laurat yang terdapat dalam air kelapa membantu merangsang produksi hormon tiroid, sehingga meningkatkan laju metabolisma tubuh untuk menghasilkan energi.

7. Menawar Racun
Air kelapa dikenal dapat menawar efek racun dari makanan maupun dari gigitan atau sengatan  hewan. Memberikan air kelapa pada penderita kecarunan selama beberapa hari, akan mengeluarkan racun yang terlarut dalam darah.

8. Merawat Kulit
Air kelapa mengandung cytokinin (seperti kinetin dan trans-zeatin) yang merupakan bahan yang memiliki efek anti-aging.

9. Membantu Mengobati Batu Ginjal
Minum air kelapa membantu memecah batu ginjal sehingga dapat dikeluarkan melalui urin tanpa operasi. Kadang kala pengguna obat medis untuk memecah batu ginjal, tetap disarankan  minum air kelapa untuk memecah batu ginjal.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *