Manfaat Mengkonsumsi Seledri untuk Kesehatan

Seledri adalah sayuran yang biasa digunakan sebagai bahan campuran dalam masakan. Seledri juga biasa digunakan untuk campuran minuman jus buah atau jus sayuran. Seledri telah dikenal luas di berbagai negara di dunia. Sayuran ini diketahui memiki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat seledri untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Seledri mengandung vitamin C yang diketahui sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh (kekebaan tubuh).

2. Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Seledri mengandung zat yang disebut phthalide yang diketahui membantu menurunkan tekanan darah dengan merelaksasi otot sekitar arteri, dan membantu pelebaran pembuluh darah. Selendri juga mengandung kalsium dan magnesim yang turut berperan dalam mengatur tekanan darah.

3. Menurunkan Kolesterol

Phthalide yang terkandung dalam sayur seledri dapat membantu menurunkan kolesterol darah dengan cara meningkatkan sekresi asam empedu.

4. Diuretik
Seledri telah digunakan sebagai diuretik sejak ratusan tahun yang lalu. Efek diuretik ini berasal dari keseimbangan kalium (potassium) dan natrium (sodium) yang membantu mengeluarkan kelebihan cairan dari tubuh.

5. Anti-inflamasi
Poliasetilen yang terdapat dalam seledri membantu meringankan berbagai jenis inflamasi seperti rematik, osteoartritis, nyeri sendi asam urat, asma, dan bronkitis.

6. Mengurangi Resiko Kanker
Seledri mengandung pthalides dan poliasetilen. Komponen anti-kanker ini mendetoksifikasi karsinogen. Seledri juga mengandung coumarin yang meningkatkan aktivitas sel darah putih.

7. Membantu Fungsi Ginjal
Seledri meningkatkan kesehatan ginjal dan fungsi ginjal normal dengan membantu menghilangkan toksin dari tubuh. Oleh karena itu mengurangi resiko batu ginjal.

8. Menyehatkan Sistem Syaraf
Mineral alkalin organik yang terdapat dalam seledri membantu menenangkan sistem syaraf, sehingga membantu tidur bagi penderita susah tidur (insomnia).

9. Membantu Menghilangkan Batu Kantung Empedu
Efek diuretik seledri membantu memecahkan dan menghilangkan batu kantung empedu.

10. Membantu Pencernaan
Seledri mengandung serat pangan yang membantu melancarkan BAB (buang air besar). Oleh karena itu seledri merupakan laksatif alami yang membantu menyembuhkan konstipasi.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *