Manfaat Makan Kacang Edamame

Edamame adalah jenis kacang kedelai hijau. Kacang ini dipanen saat kematangannya sekitar 80% sehingga lembut dan enak dimakan. Makan kacang edamame dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu makan kacang ini sangat dianjurkan terutama sebagai sumber protein nabati dan antioksidan. Berikut beberapa manfaat kacang edamame bagi kesehatan.

1. Sumber Protein Nabati
Protein adalah nutrisi esensial bagi tubuh. Protein diperlukan terutama untuk membangun otot dan membantu metabolisma. Protein nabati dianggap lebih sehat daripada protein hewani, karena sumber protein hewani biasanya banyak mengandung lemak jenuh (saturated fat).

2. Sumber Antioksidan
Edamame kaya akan antioksidan alami yang berguna mencegah efek negatif dari radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh. Radikal bebas berpotensi merusak sel-sel tubuh.

3. Menyehatkan Jantung
Kacang edamame mengandung asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6 yang diketahui bermanfaat mengurangi resiko penyakit jantung.

4. Menjaga Kekuatan Tulang
Isoflavon yang terdapat dalam edamame membantu mempertahankan kepadatan tulang. Edamame juga mengandung mineral kalsium yang juga berperan penting menjaga kepadatan tulang.

5. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Edamame banyak mengandung serat pangan (dietary fiber) yang sangat bermanfaat melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

6. Membantu Mengurangi Berat Badan
Edamame kaya akan protein dan rendah kalori sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang ingin menurunkan berat badan.

7. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Edamame mengandung vitamin C yang terkenal sebagai nutrien yang memperkuat kekebalan tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

8. Mengurangi Resiko Kanker
Isoflavon adalah fitohormon yang dapat membantu mengurangi resiko kanker prostat dan kanker payudara.

9. Mengurangi Gejala Menopause
Isoflavon yang terdapat dalam kacang edamame diketahui efektif mengobati gejala menopause pada wanita.

10. Menghaluskan Kulit
Makan edamame dapat membantu menjaga kulit tetap sehat karena aktivitas antioksidan di bawah kulit termasuk vitamin C dan vitamin E.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *