Manfaat Jogging bagi Kesehatan

Salah satu strategi penting dalam menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga. Salah satu bentuk olahraga yang paling sederhana yang dapat dilakukan semua orang adalah jogging. Olahraga ini dapat dianjurkan kepada orang semua usia, karena relatif ringan dan tidak memerlukan keterampilan khusus. Jogging secara rutin sangat bermanfaat bagi kesehatan. Apa manfaat jogging? Berikut beberapa manfaat olahraga jogging bagi kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular
Jogging dapat membantu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) karena jogging dapat melatih otot jantung, melancarkan aliran darah, mengendalikan tekanan darah dan mengurangi kolesterol darah.

2. Meningkatkan Stamina
Jogging dapat meningkatkan stamina. Orang yang biasa jogging memiliki ketahanan fisik lebih baik daripada jika ia tidak melakukannya.

3. Membantu Mengendalikan Berat Badan
Olahraga termasuk jogging dapat membantu meningkatkan metabolisma dan mengurangi lemak tubuh sehingga membantu mengurangi berat badan bagi orang yang kelebihan berat badan. Bagi orang yang memiliki berat badan ideal, jogging dapat membantu menjaga berat badan normal.

4. Memperkuat Tulang
Jogging dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Bagian tulang yang sering mendapat beban akan meningkat kepadatannya sehingga memperkuat tulang dan mengurangi resiko tulang keropos (osteoporosis).

5. Meningkatkan Kebugaran Mental
Jogging dapat meningkatkan mood melalui pelepasan hormon endorphin yang turut berperan dalam menimbulkan rasa bahagia dan kebugaran. Jogging juga membantu melancarkan darah ke seluruh tubuh termasuk ke otak, sehingga membantu meningkatkan konsentrasi.

6. Mengurangi Stress
Jogging dapat membantu mengurangi stress karena jogging dapat meningkatkan mood, membantu relaksasi mental, dan meningkatkan konsentrasi.

7. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Jogging secara teratur dapat meningkatkan percaya diri seseorang karena orang yang biasa jogging memiliki kebugaran fisik dan mental yang lebih baik.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh terhadap Serangan Penyakit
Jogging dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit karena cuaca seperti batuk dan influenza.

9. Meningkatkan Kapasitas Paru-Paru
Jogging secara teratur dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dalam mengelola oksigen. Meningkatnya jumlah oksigen yang diserap tubuh dapat meningkatkan metabolisma dan menghambat penuaan sel sehingga membantu membuat awet muda.

10. Membantu Tidur
Jogging dapat membantu pola tidur teratur dan tidur lebih nyenyak. Hal ini dikarenakan jogging membantu relaksasi dan memberikan pengaruh positif pada kebugaran mental.

Comments
  1. Bambang

    ternyata banyak juga ya manfaat jogging, musti dirutinkan nih setidaknya seminggu sekali 🙂

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *