Manfaat Bermain Boneka bagi Balita

Bermain adalah aktivitas yang penting dalam tahap perkembangan anak balita (bayi lima tahun). Bermain dapat membuat anak meningkatkan keterampilan dengan cara yang menyenangkan. Boneka adalah mainan yang disukai anak-anak perempuan. Bermain boneka dapat memberikan sejumlah manfaat bagi perkembangan putri anda, antara lain sbb.

1. Melatih Keterampilan Motorik Halus dan Keterampilan Motorik Kasar
Bermain boneka melatih keterampilan motorik halus yang melibatkan gerakan jari-jari tangan seperti menyuapi boneka, mengganti pakaian boneka, menyisir boneka, mengubah posisi boneka, dsb. Bermain boneka juga dapat melatih keterampilan motorik kasar seperti menggendong, memindahkan, mendorong stroller, dsb.

2. Melatih Keterampilan Berbahasa
Anak-anak suka menirukan perkataan dan sikap orang dewasa saat bermain boneka. Hal ini bermanfaat untuk melatih keterampilan menggunakan bahasa komunikasi.

3. Meningkatkan Keterampilan Sosial
Satu boneka dapat dimainkan bersama-sama. Anak-anak juga suka bermain bersama-sama dan memainkan sendiri-sendiri boneka masing-masing. Hal ini dapat meningkatkan keterampilan sosial anak untuk bergaul dan berinteraksi satu sama lain.

4.  Melatih Kemandirian
Anak-anak lebih suka merawat sendiri bonekanya tanpa bantuan orang lain sehingga melatih kemandirian beraktivitas. Anak-anak juga kadang disibukkan oleh bonekanya sehingga ia tidak perlu ditemani bermain. Ibu dapat melakukan aktivitas lain sambil tetap mengawasi.

5. Meningkatkan Kesadaran Gender
Bermain boneka adalah adalah permainan anak perempuan. Dalam banyak hal bermain boneka juga melibatkan naluri keibuan untuk merawat boneka sebagaimana seorang ibu merawat anak.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *