Manfaat Bagi Ibu yang Tidur Bersama Bayi

Banyak manfaat bagi bayi yang tidur dekat ibu. Tetapi berdasarkan pengalaman banyak ibu-ibu, tidur bersama bayi juga dapat memberikan manfaat bagi ibu. Pendapat ini juga diperkuat oleh banyak ahli kesehatan dan psikologi. Apa manfaat bagi bagi ibu yang tidur dekat bayi? Berikut beberapa manfaat bagi ibu.

1. Ibu Tidur Lebih Tenang

Saat tidur bersama bayi, ibu selalu dapat mengakses bayi untuk mengatahui kondisinya. Hal ini membantu ibu tidur lebih tenang dan tidak perlu bolak-balik mengecek kondisi bayi. Rasa kantuk pasti membuat ibu malas untuk bolak-balik memeriksa kondisi bayi jika tidur terpisah.

2. Memberikan Perawatan Terbaik Bagi Bayi
Tiada yang lebih mamahami bayi selain ibu. Ibu lebih bisa mengenali kebiasaan bayi terutama saat sang bayi membutuhkan perhatian. Perawatan bayi tidak hanya saat bayi terjaga tetapi juga saat bayi sedang tidur. Jika bayi tidur bersama ibu, ibu akan dapat segera memberi ASI, mengganti popok, mengenali gejala penyakit, dsb.

3. Memberi Kemudahan Ibu Memberi ASI
Salah satu alasan utama ibu-ibu memilih tidur bersama bayi adalah untuk memudahkan memberi ASI sebagai makanan utama dan makanan terbaik bagi bayi sampai usia tertentu.

4. Kesempatan Mendapatkan Kebersamaan
Bagi ibu yang sibuk bekerja di luar rumah, waktu tidur adalah kesempatan untuk mendapatkan kebersamaan dengan bayi kesayangan.

5. Mengurangi Stress
Merawat bayi dan tidur bersama bayi dapat meningkatkan hormon kasih sayang sehingga mengurangi stress pasca melahirkan misalnya pada ibu yang mengalami baby blue. Menyusui bayi juga meningkatkan hormon kasih sayang yang dapat mengurangi stress pada ibu karena berbagai sebab.

6. Menemani Bayi Tumbuh
Idealnya ibu ingin melihat pertumbuhan bayi sedetail mungkin. Tidur dekat bayi memberikan waktu lebih banyak bagi ibu untuk memperhatikan pertumbuhan bayi.

7. Membuat Kebanggaan
Adalah kebanggan tersendiri bagi ibu jika ia bisa menemani anak sebanyak yang ia bisa. Masa-masa mengasuh bayi akan berlalu dengan cepat, tetapi kenangan indah menemani bayi akan selalu menjadi kebanggan seorang ibu.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *