Manfaat Apel untuk Kesehatan

Apel adalah buah populer yang dapat dimakan secara langsung maupun sebagai pelengkap pada berbagai hidangan dan minuman. Apel mudah didapat dan gampang diolah sebagai bahan makanan. Apel ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Khasiat buah apel tersebut telah banyak diteliti oleh ahli nutrisi. Berikut beberapa manfaat apel bagi kesehatan.

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Apel mengandung serat yang membantu mengatur sistem pencernaan. Serat yang terdapat dalam apel dapat membantu menyembuhkan diare dan sembelit. Serat dapat menarik air keluar dari usus kita untuk menjaga makanan di usus tetap bergerak turun, atau menyerap kelebihan air dari feces untuk memperlambat feces turun dari usus.

2. Membantu Menurunkan Kolesterol

Sebuah apel ukuran sedang menyediakan sekitar 5 gram serat. Serat makanan membantu menurunkan kolesterol darah karena berperan dalam mengikat lemak di usus.

3. Mengurangi Resiko Kanker
Apel memiliki beberapa manfaat kesehatan yang dapat membantu mengurangi resiko kanker tertentu yaitu kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker paru-paru. Kulit apel mengandung quercetin, senyawa antioksidan yang mencegah molekul oksigen merusak sel secara individual. Hal ini dapat mencegah perubahan sel yang dapat menyebabkan kanker.

4. Membantu Merawat Diabetes
Pektin dalam apel mensuplai asam galacturonic ke tubuh yang menurunkan kebutuhan tubuh terhadap insulin dan dapat membantu dalam perawatan diabetes. Selain itu, polifenol dalam apel membantu meningkatkan pengendalian glukosa darah dalam tubuh.

5. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Pektin yang terdapat dalam apel bermanfaat mencegah penumpukan kolesterol pada lapisan dinding pembuluh darah, sehingga mengurangi resiko aterosklerosis dan penyakit jantung.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama bila sedang stress. Apel juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang turut memperkuat daya tahan tubuh.

7. Memperkuat Tulang
Para peneliti percaya bahwa flavanoid yang disebut phloridzin yang terdapat dalam apel, dapat meningkatkan kepadatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis. Boron, bahan lain dalam apel, juga memperkuat tulang.

8. Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Apel banyak mengandung kalium, mineral yang membantu mengendalikan tekanan darah sehingga dapat mencegah tekanan darah tinggi.

9. Merawat Anemia
Apel mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan oleh orang yang memiliki penyakit anemia atau kurang darah. Zat besi meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh yang melawan efek anemia.

10. Membantu Mengurangi Gejala Asma
Makan apel secara teratur dapat membantu penderita asma mengurangi gejala mengi. Bukti ilmiah untuk manfaat kesehatan ini terletak pada antioksidan dan nutrisi anti-inflamasi yang terdapat dalam buah apel.

11. Membantu Menyehatkan Mata
Apel mengandung banyak vitamin A dan vitamin C, yang membantu untuk mencegah rabun senja. Kedua vitamin tersebut juga memperkuat mata dan dapat membantu untuk mencegah memburuknya penglihatan.

12. Mengendalikan Berat Badan
Banyak masalah kesehatan yang berkaitan dengan kelebihan berat badan, di antaranya penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan diabetes tipe 2. Untuk mengendalikan berat badan, dokter menyarankan banyak makan makanan kaya serat. Apel adalah bahan makanan yang sering direkomendasikan untuk menggantikan sebagian konsumsi karbohidrat dari nasi atau roti.

Tips:
Apel lebih baik dimakan dengan kulitnya, namun pastikan anda telah mencucinya terlebih dahulu dengan bersih.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *