Manfaat Sarapan

Tahukah anda bahwa sarapan atau makan pagi sangat penting? Makan pada waktu pagi memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh selama sehari penuh. Berikut adalah beberapa manfaat dari sarapan:

  1. Sarapan memberikan “bahan bakar” bagi tubuh untuk menjalankan metabolisma. Jika anda tidak makan sarapan maka efeknya sama dengan melaparkan tubuh, yang berarti memperlambat metabolisma karena tubuh cenderung menghemat energi dan hanya membakar energi seperlunya sampai tersedianya makanan yang siap dicerna. Sarapan pagi menyebabkan tubuh mulai metabolisma hari itu dengan menyediakan bahan bakar untuk energi dan mulai membakar kalori.
  2. Sarapan meningkatkan level energi yang diperlukan untuk melakukan aktivitas di hari itu. Orang yang tidak sarapan cenderung merasa kelaparan menjelang waktu makan siang. Pada pagi hari, setelah tubuh anda tidak makan selama sekitar 12 jam, kadar glukosa anda turun. Sarapan dianggap sebagai aktivitas makan yang penting karena memutuskan periode puasa malam sebelumnya dan mensuplai kembali kebutuhan glukosa anda.
  3. Sarapan memberikan proporsi signifikan dari total asupan gizi yang dibeutuhkan tubuh. Sarapan juga memberikan kesempatan untuk mengisi tubuh dengan makanan sehat pilihan. Dengan sarapan makanan yang sehat dan mengenyangkan akan memastikan anda tidak memilih makanan yang tidak sehat yang berasal dari jajanan yang belum tentu terjamin.
  4. Sarapan mengurangi kemungkinan anda ngemil atau makan snack sepanjang hari. Sarapan juga mencegah anda merasa terlalu lapar menjelang waktu makan siang yang menyebabkan anda makan terlalu banyak makan. Orang yang tidak sarapan cenderung mencari snack yang berkalori tinggi dan minum kopi atau minuman manis lainnya.
  5. Sarapan memberikan bahan bakar bagi otak sehingga meningkatkan konsentrasi dan kinerja mental. Pada umumnya orang yang sarapan dapat berkonsentrasi lebih baik daripada orang yang tidak sarapan.
  6. Sarapan dapat membantu anda menurunkan berat badan. Sarapan adalah salah satu cara yang direkomendasikan oleh banyak pakar diet untuk menurunkan berat badan bagi orang yang kelebihan berat badan atau obesitas (kegemukan). Mendistribusikan asupan kalori secara merata sepanjang hari dengan sarapan, makan siang, makan malam dan snack adalah lebih kondusif bagi penurunan berat badan. Tentu saja anda harus memperhatikan jumlah total konsumsi kalori dalam satu hari.

Sarapan memberikan tubuh dan otak anda energi yang diperlukan untuk melaksanakan aktivitas harian anda. Bijaklah terhadap tubuh anda dengan makan sarapan sehingga tubuh anda merasa lebih baik sepanjang hari. Jika anda mempunyai kebiasaan tidak sarapan, cobalah mengubah kebiasaan “yang kurang baik” itu. Mencoba secara bertahap mungkin dapata membantu anda memulai kebiasaan sarapan.

Share
This entry was posted in Kesehatan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>