Manfaat Kesehatan Jus Tomat

Tomat adalah buah yang istimewa. Ia bisa digunakan dan dikonsumsi sebagai buah, sayur, penambah cita rasa, pemanis tampilan sajian makanan, bahkan sebagai obat.
Jus tomat adalah salah satu jus yang paling populer di seluruh dunia. Jus tomat buatan sendiri mengandung berbagai nutrisi yang kaya manfaat kesehatan. Berikut beberapa khasiat jus tomat:

Sumber Lycopene
Jus tomat adalah merupakan sumber lycopene yang baik, yang dikenal karena dapat mencegah kanker. Selain itu, lycopene menstimulasi sirkulasi darah dan membantu menurunkan tekanan darah.

Sumber Vitamin
Jus tomat merupakan sumber dari banyak vitamin, terutama vitamin A dan C. Satu cangkir jus tomat akan memberikan sampai 74 persen dari asupan harian vitamin C dan 2 persen asupan vitamin A. Vitamin-vitamin ini membantu sistem kekebalan tubuh dengan menghancurkan radikal bebas dalam aliran darah yang merusak sel-sel tubuh. Vitamin-vitamin lain yang terdapat dalam jus tomat adalah vitamin K, B1, B2, B3, B5, dan B6.

Sumber Mineral
Tomat kaya akan mineral kalium (K), merupakan mineral penting makronutrien dalam gizi manusia. Kalium yang rendah dalam cairan tubuh menyebabkan kelemahan umum dan malaise (rasa tidak enak badan). Tomat juga mengandung mineral magnesium, besi dan fosfor yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Sumber Serat (fiber)
Tomat juga merupakan sumber serat yang sangat baik bagi pencernaan. Serat juga terkenal baik bagi jantung karena dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat). Tomat sebaiknya tidak dikupas, karena tomat dengan kulit mengandung lebih banyak serat daripada tomat tanpa kulit.

Tomat sebagai Buah Jus
Kelebihan buah tomat sebagai bahan jus:

  • Tomat adalah buah yang murah dan mudah didapat
  • Tomat dapat dicampur dengan bahan jus favorit anda, misalnya wortel, apel, lemon, jeruk nipis, mentimun atau jus labu.
  • Tomat tidak memiliki efek samping dan dianggap aman untuk diminum dalam jumlah besar. Namun, jika anda memiliki penyakit kandung empedu jus tomat yang harus dihindari.
Share
This entry was posted in Kesehatan and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>