Bagaimana Cara Mengendalikan Kebiasaan Ngemil?

Ngemil adalah kebiasaan normal dan banyak dilakukan orang. Ngemil adalah makan makanan ringan di luar waktu makan utama yaitu sarapan, makan siang dan makan malam. Bagi orang yang memiliki kelebihan berat badan atau kegemukan (obesitas), kebiasaan ini dianjurkan untuk dikendalikan untuk mengupayakan berat badan ideal. Orang yang mengalami penyakit atau gangguan kesehatan tertentu juga mungkin dianjurkan untuk mengurangi kebiasaan ngemil.  Berikut beberapa tips mengendalikan kebiasaan ngemil.

1. Makan Tiga Kali Sehari dengan Jadwal Teratur
Jika anda melewatkan makan besar, anda akan lebih cepat lapar dan ingin ngemil. Menunda waktu makan juga menyebabkan anda berpaling ke snack untuk mengganjal perut sementara waktu.

2. Batasi Porsi Ngemil
Kebiasaan ngemil dapat dikurangi secara gradual dengan cara mengurangi frekuensi ngemil (menjadi lebih jarang) atau mengurangi porsi camilan (menjadi lebih sedikit).

3. Minum Air Putih
Minum air putih sangat penting bagi metabolisma. Banyak minum air putih juga penting dalam memaksimalkan program menurunkan berat badan. Minum air putih dapat membantu mengurangi kebiasaan ngemil, karena terkadang perut anda tidak dapat membedakan antara haus dan lapar.

4. Ngemil Tanpa Tambahan Snack
Jika anda biasa mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi, anda bisa menggantinya dengan tablet hisap vitamin C saat ingin ngemil. Jika anda biasa makan siang dengan jus buah, ganti dengan air putih dan nikmati jus anda beberapa saat kemudian saat ingin ngemil.

5. Rileks
Ketegangan dan rasa capek dapat memicu keinginan ngemil. Bersantai dapat membantu mengurangi keinginan untuk ngemil. Rasa capek dapat dikurangi dengan pijatan ringan atau melakukan peregangan (stretching). Tidur sejenak di siang hari juga dapat membantu anda menyegarkan fisik dan mental.

6. Segarkan Mulut
Sikat gigi dan berkumur dengan obat kumur. Bau obat kumur di mulut cenderung mengurangi selera makan. Jika mulut anda bersih, anda tidak ingin mengotorinya. Lakukan setiap kali habis makan.

7. Cari Kesibukan
Jika anda ingin es krim ,itu bukan karena lapar tetapi karena ingin ngemil. Ubah pikiran dan lakukan sesuatu seperti mendengarkan musik, menelpon, berolahraga, dan lain sebagainya.

8. Jangan Menyimpan Stok Camilan
Jika anda menyimpan stok camilan untuk seminggu, anda mungkin akan menghabiskannya hanya dalam 3 hari. Membeli atau membuat sendiri camilan secukupnya untuk sekali makan membantu anda membatasi kebiasaan ngemil.

9. Hindari Ngemil di Depan TV
Makan di depan TV dapat menyebabkan anda tidak menyadari seberapa banyak anda ngemil.

10. Hindari Stress
Stress dapat memicu berbagai kebiasaan buruk termasuk ngemil. Usahakan menghindari stress dan belajar mengendalikan stress dengan cara positif seperti berolahraga atau menghibur diri.

11. Pilih Snack yang Lebih Sehat
Pada dasarnya ngemil tidak dilarang. Anda harus mengendalikan apa yang anda makan dan seberapa banyak gizi dan kalori yang anda konsumsi. Berpaling ke snack yang lebih sehat seperti buah atau produk gandum utuh akan membantu anda menghindari efek negatif dari ngemil yang tidak sehat.

12. Kunyah Permen Karet Tanpa Gula
Ngemil kadang menjadi alternatif menghilangkan stress, kantuk, atau bosan. Mengunyah permen karet tanpa gula (sugar free) dapat menjadi substitusi yang sehat dari snack jajanan lainnya.

Share
This entry was posted in Kesehatan and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>