Apa Manfaat Menyikat Gigi dengan Sikat Gigi Elektrik?

Sikat gigi elektrik atau sikat gigi listrik adalah gadget kamar mandi modern. Sikat elektrik jauh lebih mahal harganya dibandingkan dengan sikat gigi biasa (sikat gigi manual). Meskipun memiliki fungsi yang sama, namun membersihkan gigi menggunakan sikat gigi elektrik dapat memberikan nilai lebih dibandingkan dengan menggunakan sikat manual. Berikut beberapa manfaat menggosok gigi dengan sikat gigi elektrik.

1. Membantu Menyikat Gigi dengan Benar
Banyak orang yang telah bertahun-tahun menggunakan sikat gigi belum mengetahui cara dan gerakan menyikat gigi yang benar. Sikat gigi elektrik dirancang berdasarkan rekomendasi para ahli kesehatan gigi mengenai gerakan menyikat gigi yang benar. Dokter gigi menyarankan gerakan menyikat gigi secara memutar, prinsip inilah yang diterapkan pada mekanisma gerakan sikat gigi elektrik.

2. Mendorong Pengguna untuk Menyikat Gigi Lebih Lama
Banyak orang yang menyikat gigi sekedarnya saja. Membersihkan gigi dan gusi secara menyeluruh seperti petunjuk dokter gigi membutuhkan waktu yang cukup lama (2 – 3 menit), padahal aktivitas menyikat gigi bagi sebagian orang sangat membosankan. Menggunakan sikat elektrik dapat membuat orang lebih betah untuk menyikat gigi. Sikat gigi listrik dilengkapi timer yang memberitahukan pengguna jika waktu menyikat gigi sudah cukup.

3. Menghindari Menyikat Gigi Terlalu Kasar
Sebagian orang berpikir bahwa semakin keras ia menekan sikat ke gigi dan gusi maka akan semakin bersih gigi dan gusinya. Dokter gigi menyarankan untuk menyikat gigi secara lembut untuk menghindari kerusakan gigi, gusi, dan mulut bagian dalam. Sikat gigi elektrik dilengkapi dengan sensor tekanan yang akan memberitahu pengguna jika ia menekan terlalu keras.

4. Lebih Nyaman
Kepala sikat gigi yang terlalu besar kurang nyaman di mulut. Gagang sikat gigi yang kecil juga kurang nyaman di tangan. Pada umumnya kepala sikat gigi elektrik lebih kecil dari sikat gigi manual. Pegangan sikat gigi elektrik juga lebih besar dan ergonomis untuk dipegang. Pengguna akan terhindar dari menyodok bagian dalam mulut yang dapat menyebabkan radang.

5. Memudahkan Pengguna dengan Disabilitas
Sebagian orang kesulitan menyikat gigi secara manual karena tidak susah menggerakkan lengan dengan sempurna misalnya karena artritis (radang sendi) pada punggung, lengan, atau tangan. Demikian pula dengan orang yang lanjut usia. Sikat gigi elektrik dapat membantu mereka menyikat gigi dengan lebih mudah.

6. Memudahkan Pengguna yang Memakai Kawat Gigi
Bayak pemakai kawat gigi yang kesulitan untuk menyikat gigi secara sempurna dengan sikat gigi manual. Oleh karena itu sikat gigi elektrik direkomendasikan untuk digunakan oleh orang yang memakai kawat gigi.

Mitos Tentang Sikat Gigi Elektrik
Sebagian orang mengira bahwa menyikat gigi dengan sikat elektrik adalah lebih baik daripada menggunakan sikat manual. Faktanya, para peneliti secara objektif menunjukkan bahwa menyikat gigi dengan sikat elektrik tidak lebih baik dari meyikat gigi dengan sikat manual. Selagi anda mencoba untuk menerapkan cara dan kebiasaan menyikat gigi yang benar, maka menyikat gigi dengan sikat manual sudah memadai untuk menjaga gigi tetap sehat.

Share
This entry was posted in Gadget, Kesehatan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>