Apa itu Pil KB dan Bagaimana Cara Kerja Pil KB?

Apa yang Dimaksud Pil KB?
Pil KB atau pil kontrasepsi adalah obat oral (obat telan) untuk mengontrol kehamilan secara hormonal. Pil ini secara global lebih dikenal sebagai pil pengontrol kehamilan (birth control pills). Di Indonesia pil ini disebut pil KB (Kelurga Berencana) karena pada awalnya dikenalkan di Indonesia oleh pemerintah sebagai salah satu alat kontrasepsi untuk menyukseskan program keluarga berencana. Pil KB adalah obat yang sangat efektif dalam mencegah kehamilan.

Bagaimana Cara Kerja Pil KB?
Pil KB adalah pil pencegah kehamilan, biasanya terdiri dari satu set pil berukuran kecil-kecil dan harus ditelan tiap hari. Pada umumnya pil KB terdiri dari dua jenis hormon wanita sintetis (hormon wanita buatan) yaitu hormon estrogen dan hormon progestin (yang semestinya diproduksi oleh ovarium atau indung telur). Pil KB kombinasi ini disebut juga “combination oral contraceptives”. Pil kombinasi ini ada banyak jenisnya, dan tersedia di toko-toko farmasi.
Hormon-hormon yang terdapat pada pil KB mencegah kehamilan dengan menekan kelenjar pituitari (kelenjar yang terletak di bawah otak), sehingga mencegah terjadinya ovulasi (pematangan dan pelepasan sel telur dalam ovarium). Hormon progestin juga membantu mencegah sperma pria mencapai sel telur dan mengubah lapisan dinding uterus (rahim).
Ada juga jenis pil KB yang hanya mengandung satu jenis hormon yaitu hormon progestin, dan disebut pil progestin (progestin-only pill) atau pil mini. Pil ini bekerja dengan menekan ovulasi dan membantu mencegah sperma pria mencapai sel telur.

Share
This entry was posted in Kesehatan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>