Apa Itu Mood?

Pengertian Mood
Mood adalah keadaan emosional yang bersifat sementara, bisa beberapa menit sampai beberapa minggu. Mood biasanya memiliki nilai kualitas positif atau negatif. Dengan kata lain, orang hampir selalu membicarakan salah satu dari kualitas mood yaitu mood baik (good mood) atau mood buruk (bad mood). Mood mempengaruhi cara seseorang merespon rangsangan. Misalnya, mood yang tertekan cenderung merespon negatif, sedangkan mood senang cenderung merespon dengan semangat.

Perbedaan Mood dan Emosi
Apa bedanya mood dengan emosi? Mood berbeda dengan emosi karena mood tidak harus disebabkan sesuatu hal. Misalnya, seseorang dapat merasakan emosi bahagia setelah menikah atau menerima hadiah, sementara mood bahagia merupakan tendensi untuk bereaksi terhadap rangsangan dari luar. Mood cenderung bertahan lebih lama daripada emosi.

Perbedaaan Mood dan Kepribadian
Apa bedanya mood dengan kepribadian? Mood berbeda dengan kepribadian, mood lebih statis (tidak banyak berubah), sedangkan kepribadian cenderung berubah. Meskipun mood dapat berlangsung cukup lama, kepribadian cenderung berlangsung lebih lama. Akan tetapi mood dan kepribadian saling mempengaruhi. Orang yang memiliki kepribadian optimis lebih mudah menunjukkan mood senang. Orang yang memiliki kepribadian pesimis lebih mudah menunjukkan mood tertekan.

Hal-Hal yang Mempengaruhi Mood
Apa yang mempengaruhi mood? Tidur adalah faktor utama yang mempengaruhi mood. Orang yang kurang tidur lebih sering memiliki mood depresi. Makanan, obat, dan faktor-faktor pola hidup juga dapat mempengaruhi mood. Beberapa studi menunjukkan bahwa pengambilan keputusan juga dipengaruhi oleh mood. Orang yang memiliki mood senang lebih mudah dipengaruhi oleh iklan.

Share
This entry was posted in Kesehatan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>