Apa Itu Kesehatan Kardiovaskular?

Apa Itu Sistem Kardiovaskular?
Sistem kardiovaskular adalah organ jantung dan jaringan pembuluh darah. Kata kardiovaskular berasal dari kata “cardio” yang berarti jantung, dan “vascular”  yang berarti jaringan pembuluh arah.

Pengertian Kesehatan Kardiovaskular?
Kesehatan kardiovaskular adalah kesempurnaan fungsi jantung dan pembuluh darah dalam menyelenggarakan sirkulasi darah. Gangguan kesehatan yang berkaitan dengan sirkulasi darah karena kerusakan fungsi jantung atau pembuluh darah disebut penyakit kardiovaskular.

Mengapa Kesehatan Kardiovaskular Sangat Penting?
Jantung dan pembuluh darah merupakan organ dan jaringan vital bagi kehidupan. Gangguan kesehatan pada sistem kardiovaskular dapat menjadi penyakit kardiovaskular yang mematikan terutama penyakit jantung dan stroke.

Penyakit jantung terjadi karena gangguan fungsi jantung akibat kerusakan jaringan di jantung. Penyakit stroke terjadi karena terhambatknya aliran darah ke otak karena pembuluh darah di otak tersumbat atau pecah. Ada banyak jenis penyakit kardiovaskular lainnya seperti cardiomyopathy, penyakit katup jantung, pericarditis, aortic aneurysm, dsb.

Penyakit kardiovaskular dapat disebabkan faktor kelainan jaringan, faktor genetika, atau faktor pola hidup. Pada kenyatannya kasus penyakit kardiovaskular karena faktor pola hidup lebih banyak terjadi dan cenderung meningkat. Kesehatan kardiovaskular seseorang dapat menjadi salah satu tolok ukur tingkat pola hidup sehat yang dijalaninya. Pola hidup sehat tidak saja dapat mencegah penyakit kardiovaskular tetapi juga mengurangi berbagai resiko penyakit lainnya seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, dsb.

Bagaimana Cara Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular?
Kondisi kesehatan kardiovaskular seseorang seringkali menggambarkan sejauh mana orang tersebut menjalankan pola hidup sehat. Menerapkan pola hidup sehat dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Beberapa cara meningkatkan kesehatan kardiovaskular dengan menerapkan pola hidup antara lain sbb.
•    Makan makanan sehat secara seimbang gizi
•    Berolahraga secara teratur
•    Mengupayakan berat badan normal
•    Tidak merokok dan tidak minum alkohol

Share
This entry was posted in Kesehatan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>