9 Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap

Bau mulut sangat dapat menggangu pergaulan. Ada banyak penyebab mulut bau misalnya mulut kering, gangguan tengorokan, makanan/minuman, kotoran pada gigi, obat, dan lain sebagainya. Ada banyak cara yang disarankan untuk menghilangkan mau mulut tak sedap, berikut beberapa tips mengatasi bau mulut tak sedap.

1. Sikat Gigi
Bau mulut dapat disebabkan oleh sisa makanan atau minuman yang tertinggal di sela-sela gigi. Menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan gigi dan menghilangkan bau mulut.

2. Membersihkan Lidah
Lidah dapat menjadi kotor dan ditempati oleh bakteri mulut. Membersihkan lidah dapat mengurangi bau mulut. Membersihkan lidah dapat dilakukan dengan menggunakan sikat gigi atau pembersih lidah.

3. Kumur-Kumur
Kumur-kumur adalah cara yang lebih sederhana dan mudah untuk membuang sisa makanan yang tertinggal di gigi dan gusi. Kumur-kumur juga mengurangi bau dari mulut yang terlalu kering.

4. Gunakan Obat Kumur
Obat kumur mengandung antiseptik pembunuh kuman sekaligus penyegar napas. Obat kumur tidak hanya menghilangkan bau tetapi juga membuat napas lebih segar.

5. Mengunyah Permen Karet
Mengunyah permen karet dapat memicu produksi air liur, bagi mulut yang terlalu kering. Beberapa jenis permen karet mengandung zat yang dapat membunuh bakteri dalam mulut. Pilihlah permen karet tanpa gula untuk menghindari kerusakan gigi.

6. Makan Makanan Pencuci Mulut
Makan buah pencuci mulut seperti pisang, apel, pear, semangka, melon, dan lain sebagainya dapat menghilangkan bau keras dari makanan.

7. Gunakan Spray Mulut (Oral Spray)
Spray mulut atau semprotan mulut mengandung zat pembunuh kuman dan penyegar mulut. Sebaiknya bahan ini digunakan hanya jika tidak sempat menyikat gigi, karena bahan ini tidak membersihkan gigi dan gusi.

8. Jaga Mulut Jangan Sampai Kering
Minum air dalam selang waktu teratur dapat menghidrasi tubuh secara keseluruhan. Minum air membantu menjaga mulut tetap basah. Mulut yang kering membuat bakteri lebih cepat berkembang. Kondisi cuaca dan banyak berbicara dapat menyebabkan mulut lebih cepat kering.

9. Periksakan Kesehatan Mulut dan Gigi pada Dokter
Mulut bau dapat disebabkan berbagai gangguan kesehatan pada mulut, gigi, gusi, dan tenggorokan. Jika cara-cara sederhana untuk menghilangkan abu mulut dengan sikat gigi dan berkumur dengan obat kumur tidak berhasil menghilangkan napas bau, segera periksakan diri ke dokter.

Share
This entry was posted in Kesehatan and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>