13 Tips Meningkatkan Imunitas Tubuh terhadap Penyakit

Pada dasarnya tubuh kita memiliki sistem imunitas (sistem kekebalan) tubuh yang sempurna terhadap serangan berbagai penyakit. Namun daya tahan tubuh tidak selamanya berada dalam kondisi optimal. Pada saat daya tahan tubuh sedang rendah, tubuh lebih mudah terserang penyakit. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, antara lain sbb.

1. Minum Vitamin
Vitamin tertentu dapat meningkatkan daya tahan tubuh seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D dan vitamin E.

2. Dapatkan Vitamin D dari Sinar Matahari Pagi

Vitamin D banyak berperan dalam menjaga fungsi normal imunitas tubuh. Defisiensi vitamin D (kekurangan vitamin D) meningkatkan resiko asma, kanker, multiple sclerosis, dan mudah terkena berbagai infeksi. Vitamin D jarang terdapat dalam makanan, sehingga cara mudah mendapatkannnya adalah dari sinar matahari.

3. Dapatkan Asupan Protein secara Memadai
Asam amino yang terdapat dalam protein membentuk bahan penyusun sel-sel tubuh termasuk sel-sel yang membentuk sistem imunitas tubuh. Pada anak-anak, kecukupoan asupan protein membantu berkembangnya sistem imunitas tubuh.

4. Konsumsi Bakteri Baik

Mikroorganisma bermanfaat berkoloni di usus, saluran kemih bawah,dan saluran pernapasan atas. Mikroorganisma baik ini berekompetisi dengan mikroorganisma jahat yang berpotensi membahayakian kesehatan. Anda dapat mengkonsumsi bakteri baik ini melalui produk dengan kultur hidup seperti yogurt. Suplemen probiotik dapat mengurangi resiko diare karena antibiotik, diare karena virus, vaginitis dan infeksi pernapasan.

5. Banyak Makan Sayuran dan Buah
Sayuran dan buah merupakan penyedia vitamin, mineral dan antioksidan terbaik. Vitamin, mineral dan antioksidan berfungsi membantu fungsi organ termasuk organ yang terlibat dalam sistem kekebalan tubuh.

6. Berolahraga secara Teratur
Berolahraga adalah cara sederhana meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berolahrada secara teratur juga dapat mengurangi stress dan membantu mengurangi resiko osteoporosis, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

7. Tidur yang Cukup
Saat tidur, tubuh kita memiliki waktu istirahat sambil melepaskan senyawa yang meningkatkan imunitas sehingga meningkatkan fungsi imunitas tubuh.

8. Minum 8 Gelas Air Setiap Hari
Air membantu membersihkan tubuh dan membuang toksin termasuk kuman. Dengan menjaga sistem tubuh khususnya sistem pernapasan tetap terhidrasi akan meningkatkan kemampuan tubuh melawan kuman penyebab penyakit. Direkomendasikan tubuh mendapatkan asupan air 8 gelas setiap hari.

9. Makan Banyak Serat
Serat pangan (dietary fiber) membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus sehingga membantu tubuh melawan infeksi pada saluran pencernaan.

10. Makan Makanan Sehat Seimbang
Berikan tubuh anda nutrisi yang diperlukan untuk tetap sehat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekurangan gizi dapat menyebabkan tubuh rentan terhadap serangan penyakit karena virus. Makanan yang sehat seimbang dengan protein, karbohidrat kompleks, dan lemak baik dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

11.Lakukan Detoksifikasi Hati
Hati menyaring bahan beracun dari darah. Jika hati tidak bekerja dengan baik, bahan asing berbahaya dapat menembus sistem penyaringan oleh hati dan masuk dalam aliran darah sehingga dapat melemahkan sistem imunitas tubuh.

12. Hindari Menggunakan Obat yang Tidak Perlu
Menggunakan obat-obatan yang tidak perlu hanya untuk rasa percaya diri dapat melemahkan sistem imunitas tubuh dan dapat menyebabkan resistensi tubuh terhadap obat-obat tertentu. Jangan minum antibiotik jika tidak sedang menderita sakit.

13. Berhenti Merokok
Asap rokok sangat potensial memicu radang, meningkatkan mucus (lendir) pernapasan, dan menghambat cilia (rambut) hidung membersihkan lender hidung. Orang yang menghisap asap rokok beresiko tinggi terkena infeksi pernapasan, termasuk batuk, bronchitis, pneumonia, sinusitis, dan infeksi telinga bagian tengah.

Share
This entry was posted in Kesehatan and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>