12 Tips Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan ideal adalah impian setiap orang. Berat badan ideal tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tetapi juga menunjang penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri. Memiliki berat badan berlebihan dapat meningkatkan resiko berbagai penyakit. Jika anda memiliki kelebihan berat badan, ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Berikut beberapa tips yang dapat anda coba.

1. Hitung Kalori
Kelebihan asupan kalori yang tidak digunakan tubuh cenderung disimpan dalam bentuk lemak tubuh. Untuk itu perlu diperhatikan jumlah kalori yang diperoleh dari setiap porsi makanan yang dimakan. Menghitung asupan kalori harian adalah prinsip dasar diet untuk menurunkan berat badan.

2. Banyak Makan Sayur
Sayur adalah sumber vitamin, mineral, dan serat terpenting selain buah. Sayur biasanya dimakan bersama nasi dan lauk sehingga memberikan keseimbangan nutrisi dalam setiap piring nasi. Nasi merupakan sumber energi, sayuran sebagai sumber vitamin, mineral dan serat. Sedangkan lauk merupakan sumber utama protein dan lemak.

3. Banyak Makan Buah

Makan buah dua kali sehari. Buah-buahan tidak mengandung lemak dan sebagian besar terdiri dari air sehingga membuat kenyang dan memberi energi. Buah mengandung karbohidrat yang relatif lebih baik karena kaya serat.

4. Berolahraga Teratur
Lebih banyak bergerak berarti lebih banyak membakar kalori. Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga adalah aktivitas yang membakar kalori. Melakukan olahraga secara teratur tidak hanya membantu menurunkan berat badan tetapi juga meningkatkan kualitas kesehatan secara umum.

5. Tidur yang Cukup
Kurang tidur meningkatkan keinginan untuk ngemil karena lelah atau stress. Tidur yang cukup dapat mengoptimalkan laju metabolisma sehingga tubuh lebih efektif membakar kalori.

6. Pilih Snack secara Selektif
Snack tidak dilarang dalam diet untuk menurunkan berat badan. Pilih snack yang lebih sehat dan mendukung upaya menurunkan berat badan. Hitung juga kalori yang terkandung dalam snack tersebut.

7. Buat Perencanaan
Membuat perencanaan membantu anda untuk fokus pada upaya menurunkan berat badan. Perencanaan juga membantu anda untuk mengubah kebiasaan secara bertahap. Buat perencanaan tertulis mengenai target bulanan, menu makanan harian, daftar makanan yang harus dikurangi, dsb yang dapat membantu perencanaan.

8. Cari Teman
Cari teman yang memiliki hasrat yang sama untuk menurunkan berat badan. Saling berbagi tips dan pengalaman dapat membantu anda menurunkan berat badan dengan cara yang unik dan menyenangkan. Bergabung dengan komunitas online dapat membantu anda saling berbagi pengalaman.

9. Hindari Cara Ekstrim
Dapatkan pengetahuan mengenai cara diet yang benar. Hindari cara ekstrim dengan tidak makan atau membiarkan tubuh kelaparan. Program menurunkan berat badan yang sehat harus dilakukan secara bertahap.

10. Minum Air 8 Gelas Sehari
Minum air putih 8 gelas sehari dianjurkan kepada semua orang dewasa. Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, minum cukup air dapat membantu mengurangi keinginan makan berlebihan.

11. Ubah Kebiasaan yang Meningkatkan Resiko Kelebihan Berat Badan
Program menurunkan berat badan selalu menuntut anda mengadopsi pola hidup yang mendukung. Ubah dan sedapat mungkin hilangkan kebiasaan yang meningkatkan resiko kelebihan berat badan seperti makan sebelum tidur, makan sambil nonton TV, makan di luar, kurang tidur, stress, pola hidup sedentary (tidak aktif bergerak), dan lain sebagainya.

12. Fokus
Banyak orang yang gagal menurunkan berat badan karena mencoba tidak konsisten. Jika anda mulai mencoba kebiasaan yang buruk dengan mengabaikan program menurunkan berat badan, anda akan dengan mudah melupakan keinginan untuk menurunkan berat badan. Memiliki timbangan badan sendiri di rumah dapat membantu anda fokus pada usaha menurunkan berat badan.

Share
This entry was posted in Kesehatan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>