12 Cara Sederhana Mengurangi Stress

Setiap orang pasti pernah mengalami stress karena berbagai sebab. Sebagian orang dapat menghadapi stress secara positif. Namun ada juga orang yang sulit untuk mengatasi stress yang dialami sehingga menjadi lebih parah. Apa yang harus anda lakukan untuk mengurangi stress? Ada beberapa tips sederhana yang dapat anda lakukan untuk mengurangi stress.

1. Optimis
Rasa optimis membantu seseorang lebih kuat dan percaya diri dalam menghadapi tantangan kehidupan sehingga dapat mengurangi stress. Sebaliknya, rasa pesimis dapat memperburuk kondisi stress.

2. Kenali Penyebab Stress
Sangat sulit mengurai permasalahan yang anda hadapi jika anda tidak tahu dari mana harus memulainya. Menemukan akar masalahnya akan membantu anda untuk segera memulai dan merencanakan langkah yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang anda hadapi.

3. Batasi Energi yang Anda Gunakan
Stress dapat disebabkan karena perasaan terlalu capek sedangkan pekerjaan masih banyak. Delegasikan pekerjaan pada bawahan, berikan kepercayaan pada orang lain. Jangan menyetir sendiri jika macet di jalan bisa membuat anda stress. Terapkan manajemen waktu yang efektif dalam bekerja. Buatlah target yang realistis dan jangan memaksakan diri bekerja melebihi kemampuan fisik dan kemampuan mental anda.

4. Lakukan Apa yang Anda Sukai
Melakukan kesenangan merupakan metode relaksasi yang efektif. Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang anda sukai seperti bersepeda, bermusik, jalan-jalan, melukis dan lain sebagainya.

5. Tidur yang Cukup
Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh kurang bugar. Tidur yang sehat memberikan cukup waktu istirahat dan relaksasi bagi tubuh secara fisik dan mental.

6. Seimbangkan Hidup Anda
Jangan menghabiskan usia anda fokus pada satu tujuan. Batasi jam kerja anda, sisakan waktu untuk melakukan hal lain. Banyak hal yang menyenangkan dan bernilai yang dapat anda peroleh dengan banyak bergaul, membantu orang lain, bersilaturahmi, beribadah, dan lain sebagainya.

7. Membuat Prioritas
Membuat prioritas untuk menyelesaikan masalah membantu anda mengetahui dari mana harus mengurai masalah sekaligus menuntun anda pada langkah-langkah yang terencana. Hal ini akan membantu anda untuk sesegera mungkin mengurai permasalan yang cukup kompleks.

8. Berbuat yang Terbaik dan Bersyukur

Belajarlah menerima kondisi yang ada sambil tetap berusaha berbuat yang terbaik. Tidak semua kekurangan yang anda alami merupakan kesalahan anda. Berbuat yang terbaik dan bersyukur dapat mengurangi beban psikologis yang tidak menyenangkan dari sebuah kondisi. Anda harus berusaha melihat kelebihan di sisi lain kehidupan anda. Banyak orang yang lebih terpuruk dan mengalami kondisi yang lebih tidak menyenangkan daripada yang anda alami.

9. Rencanakan Pola Hidup yang Lebih Teratur
Jika ada yang harus diubah atau diperbaiki dalam hidup anda, lakukan dengan perencanaan dan langkah yang lebih teratur. Jika ada yang harus diubah, jangan memaksakan diri untuk berubah secara drastis.

10. Hindari Pikiran Negatif untuk Menutupi Kekurangan
Jangan melakukan hal negatif untuk menutupi kekurangan misalnya dengan melakukan kecurangan, kebohongan, mencari “kambing hitam”, dsb.

11. Berolahraga
Ingat jargon “men sana in corpore sano” yang artinya di dalam tubuh  yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Jangan terlalu banyak menghabiskan energi untuk memikirkan sebuah kesalahan atau kegagalan. Menghabiskan energi secara positif dengan berolahraga dapat membantu tubuh lebih sehat dan jiwa lebih kuat.

12. Break
Luangkan waktu untuk rileks di tengah aktivitas rutin anda. Gunakan cuti anda untuk berlibur ke tempat yang menyenangkan bersama orang-orang terdekat anda. Luangkan waktu beberapa menit untuk mendengarkan musik sambil ngemil makanan sehat di sela kesibukan kerja anda.

Share
This entry was posted in Kesehatan, Psikologi and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>