10 Manfaat Makan Udang bagi Kesehatan

Udang adalah bahan makanan yang banyak disukai orang. Udang adalah salah satu alternatif sumber protein hewani selain daging dan ikan. Udang tidak hanya lezat rasanya tetapi juga kaya nutrisi. Apa manfaat makan udang bagi kesehatan? Beberapa manfaat mengkonsumsi udang antara lain sbb.

1. Mengurangi Resiko Kanker
Mineral selenium adalah antioksidan yang ampuh menangkal kelebihan radikal bebas yang berpotensi menyebabkan kanker di dalam tubuh. Udang adalah sumber mineral selenium yang istimewa. Satu porsi udang (113,40 gram) mengandung mineral selenium rata-rata 44,91 mikrogram. Nilai ini setara dengan 64,2% kebutuhan harian mineral selenium yang direkomendasikan.

2. Meningkatkan Serotonin Tubuh
Mengkonsumsi udang adalah bisa menjadi salah satu alternatif cara meningkatkan serotonin tubuh. Serotonin membantu tubuh meningkatkan mood dan mengendalikan kerja usus dalam mencerna makanan. Tryptophan adalah komponen protein yang merupakan bahan utama pembentuk serotonin. Udang adalah bahan makanan yang merupakan sumber trypthophan yang istimewa. Satu porsi udang (113,40 gram) mengandung tryptophan rata-rata 0,33 gram. Nilai ini setara dengan 103,1% kebutuhan harian tryptophan yang direkomendasikan.

3. Membantu Regenerasi Sel-Sel Tubuh
Udang adalah sumber protein yang istimewa. Satu porsi udang (113,40 gram) mengandung protein rata-rata 23,71 gram. Nilai ini setara dengan 47,4% kebutuhan harian protein yang direkomendasikan. Protein berguna dalam pembentukan sel-sel tubuh baik pada jaringan dalam tubuh, maupun pada jaringan luar seperti kulit, rambut, dan kuku.

4. Mengurangi Resiko Anemia
Udang banyak mengandung vitamin B12 dan zat besi. Vitamin B12 dan zat besi berperan dalam pembentukan sel-sel darah merah. Oleh karena itu, makan udang dapat mengurangi resiko anemia (kurang darah).

5. Menjaga Kesehatan Otak
Udang adalah sumber kolin yang sangat baik. Kolin adalah nutrisi penting bagi otak yang membantu menjaga fungsi otak. Satu porsi udang (113,40 gram) mengandung kolin rata-rata 91,74 milligram. Nilai ini setara dengan 21,6% kebutuhan harian kolin yang direkomendasikan.

6. Membantu Metabolisma
Udang mengandung Niacin (vitamin B3) yang dikenal sebagai salah satu vitamin esensial. Niacin berperan penting dalam memproses karbohidrat, lemak, dan protein dan mengubahnya menjadi energi.

7. Menjaga Kesehatan Tulang
Udang mengandung mineral fosfor yang diketahui berperan dalam pembentukan struktur tulang, sehingga menjaga tulang tetap sehat dan kuat.

8. Mengurangi Resiko Gangguan Fungsi Tiroid (Hipotiroidisme)
Makan udang dapat menambah asupan mineral tembaga (copper). Kekurangan asupan mineral tembaga dapat menyebabkan gangguan fungsi tiroid yang disebut hipotiroidisme.

9. Melindungi Kulit dari Penuaan Dini
Udang mengandung zat karotenoid yang disebut astaxanthin, yang bermanfaat menjaga kulit tetap sehat dan melindungi kulit terhadap penuaan dini (premature aging).

10. Mendapatkan Asupan Lemak yang Lebih Sehat
Udang mengandung beberapa jenis lemak yang lebih sehat yaitu lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat), lemak tak jenuh jamak (polyunsaturated fat), omega-3, dan omega-6.

Share
This entry was posted in Kesehatan, Nutrisi and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>