Sudoku – Kuis Teka-Teki Silang Angka

Apa itu Sudoku?
Apa yang dimaksud Sudoku? Sudoku adalah teka-teki silang angka, dimana setiap baris dan kolom harus diisi dengan angka-angka dengan aturan tertentu. Sudoku adalah teka-teki penempatan angka didasarkan pada logika matematika. Sudoku terdiri dari kotak-kotak kecil yang membentuk baris dan kolom seperti halnya pada teka-teki silang (TTS). Kalau pada TTS baris dan kolom diisi dengan huruf yang membentuk kata terbaca secara horizontal dan vertikal, pada Sudoku baris dan kolom diisi dengan angka unik (tidak boleh ada angka yang sama dalam satu baris, atau dalam satu kolom, atau dalam satu subgrid).

Teka Teki Sudoku dan penyelesaiannya

Teka Teki Sudoku (gambar kiri) dan penyelesaiannya (gambar kanan)

Konsep Sudoku Sederhana
Teka-teki terdiri dari kisi persegi yang disebut grid berukuran 9×9 (9 baris x 9 kolom) yang dibagi menjadi sembilan bagian yang disebut subgrid berukuran 3×3. Teka-teki Sudoku menyediakan beberapa angka pada posisi acak sebagai patokan untuk menyelesaikan keseluruhan teka-teki tersebut. Kotak yang kosong harus diisi dengan angka unik antara 1 sampai 9 yang masing-masing hanya muncul sekali dalam setiap baris, kolom dan persegi 3×3.

Menyelesaikan Sudoku
Bagaimana Mengisi Sudoku? Seperti permainan puzzle atau teka teki lainnya, Sudoku bisa dipelajari secara otodidak (belajar sendiri). Bagi orang yang baru pertama kali mengisi Sudoku mungkin akan memasukkan angka dengan “trial and error” (coba-coba). Tetapi bagi yang sudah terbiasa mungkin akan menggunakan strategi tertentu yang didasarkan pada logika matematika.
Kunci utama untuk memecahkan teka-teki ini adalah kesabaran dan penggunaan kemampuan logika. Sebagai sebuah permainan, tentu saja tidak semua orang menyukai teka-teki ini. Tetapi bagi sebagian orang permainan ini sangat addiktif (membuat ketagihan/kecanduan).
Banyak penggemar teka-teki ini yang bergabung dalam komunitas Sudoku untuk berbagi mengenai strategi penyelesaian Sudoku. Bagi para Sudoku mania yang sudah jago – seperti halnya permainan kubus rubik- tantangannya adalah membuat catatan waktu penyelesaian tercepat.

Sejarah Sudoku
Meskipun konsep teka-teki ini telah ada selama bertahun-tahun dengan nama yang berbeda, versi modern dipopulerkan di Jepang pada tahun 1986 oleh Nikoli sebuah perusahaan puzzle Jepang dengan nama produk Sudoku, yang berarti “nomor tunggal”. Nikoli mempatenkan kata Sudoku dan mulai menerbitkan teka-teki dalam berbagai tingkat kesulitan, dan mereka menjadi sangat populer di Jepang.
Pada tahun 2004, popularitas internasional Sudoku dimulai ketika teka-teki tersebut diterbitkan di sebuah surat kabar Inggris sebagai hasil dari program komputer yang dikembangkan oleh Wayne Gould yang cepat bisa menghasilkan teka-teki. Dari sana, popularitas teka-teki akhirnya menyebar ke Amerika Serikat dan tempat lain. Teka-teki Ini menjadi hit internasional pada tahun 2005. Kejuaraan Sudoku pertama diadakan Maret 2006 di Lucca, Italia.

Variasi Sudoku
Karena Sudoku adalah berbasis logika, teka-teki sejenis mungkin dibuat menggunakan konsep yang sama dengan Sudoku dengan mengganti objek angka dengan objek lain, seperti warna, huruf atau bentuk. Bentuk Sudoku juga tidak harus berbentuk kotak bujursangkar dan tidak harus memiliki subgrid 3×3.

Share
This entry was posted in Hobby and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>