Scrapbook Seni Dekorasi Album Foto

Apa itu Scrapbook
Seni scrapbook adalah seni mendekorasi foto, bahan cetakan dan memorabilia dalam sebuah album dekorasi yang disebut scrapbook. Scrapbooker adalah sebutan yang biasa ditujukan kepada orang yang hobbynya membuat scrapbook.

membuat desain layout scrapbook

Contoh desain layout scrapbook

Sejarah Scrapbook
Dalam buku “Manuscript Gleanings and Literary Scrap Book” karya John Poole yang terbit tahun 1826 berisi koleksi ukiran dan puisi, menyebutkan cara-cara mencari, mengumpulkan dan mengatur scrap (potongan kertas cetakan dengan disain hiasan).
Seni scrapbook terus hidup dan menarik perhatian dan minat banyak orang karena difokuskan pada kenangan yang indah dalam hidup seseorang atau orang yang dicintainya. Peristiwa yang indah seperti pernikahan, kelahiran bayi, atau wisuda anak adalah momen yang layak untuk diabadikan dalam scrapbook.

cara membuat scrapbook

Contoh desain layout scrapbook

Media Scrapbook
Media yang paling penting dalam seni scrapbook adalah albumnya sendiri. Sekarang sudah banyak dijual album scrapbook dengan berbagai ukuran. Ada album yang sudah dijilid secara permanent, ada pula album yang halamannya dapat dipasang dan dilepaskan. Banyak album scrapbook yang dijual sekarang sudah diberi plastic transparan sebagai pelindung.
Bahan-bahan dasar yang diperlukan untuk membuat scrapbook terdiri dari kertas background, perekat foto, gunting, pemotong kertas, pena kaligrafi, dan lem. Untuk disain yang lebih kompleks mungkin memerlukan alat-alat khusus seperti template, stempel karet, gunting craft, pelubang kertas, embossing tool, stencil, tinta warna, dan mesin potong kertas.
Berbagai aksesoris atau “hiasan” juga digunakan untuk mendekorasi halaman scrapbook seperti stiker, stempel, elemen bentuk, elemen huruf, pita, renda, kawat dan lain sebagainya sesuai kebutuhan dan kesukaan scrapbooker.
Hal penting yang selalu diperhatikan oleh para scrapbooker mania adalah bahan-bahan tersebut haruslah mempunyai kualitas yang tinggi supaya scrapbook yang dihasilkan tahan lama.

Scrapbook Digital
Perkembangan teknologi visual digital computer, printer, scanner sampai software sangat memudahkan orang untuk membuat lay-out secara digital. Teknologi internet memungkinkan para scrapbooker untuk mempublish sendiri hasil karyanya. Scrapbook yang hadir sepenuhnya dalam bentuk image digital disebut “scrapbook digital” atau “scrapbook komputer”. Sementara sebagian orang masih menyukai menempel macam-macam bahan pada scrapbooknya, scrapbook digital juga sangat populer dewasa ini.

Share
This entry was posted in Hobby and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>