Kirigami Seni Lipat-Potong Kertas

Apa itu kirigami? Dari namanya dapat ditebak seni ini berasal dari jepang. Seni lipat kertas (origami) sudah dikenal dengan baik. Kirigami mungkin tidak sepopuler origami. Kirigami mirip origami dalam hal seni melipat kertas. Perbedaan utamanya adalah pada origami kita melipat kertas untuk membuat karya seni  sedangkan pada kirigami kertas dilipat dan dipotong untuk menghasilkan karya seni. Di Jepang sendiri kata kirigami sudah ada sejak jaman dahulu. Kata kirigami berasal dari kata “kiru” yang berarti memotong dan “gami” yang berarti kertas. Jadi kirigami artinya seni memotong kertas. Alat dan bahan yang digunakan adalah gunting, cutter, lem dan tentu saja kertas warna.

Bentuk Dasar Kirigami
Bentuk dasar dari kirigami adalah hiasan bulat melingkar 2 dimensi. Hiasan bulat melingkar diperoleh dengan potongan simetri lipat. Bagi pemula biasanya diajarkan cara memotong 4 lipatan, 6 lipatan atau 8 lipatan. Untuk membuat potongan 4 lipatan, kertas dilipat 2 secara simetris, lalu dilipat 2 secara simetris sekali lagi. Untuk membuat potongan 6 lipatan, kertas dilipat 2 secara simetris, lalu dilipat 3 dengan sudut lipatan yang sama. Bagi yang sudah mahir dengan bentuk hiasan bulat melingkar, dapat ditingkatkan dengan bentuk melingkar persegi (bersudut 3, 4, 5 dan seterusnya).

Cara membuat bentuk dasar kirigami dua dimensi

Cara membuat bentuk dasar kirigami dua dimensi

Kirigami 3 Dimensi
Kirigami 3 dimensi adalah pengembangan dari seni lipat-potong kertas untuk menghasilkan hiasan 3 dimensi. Membuat kirigami 3 dimensi tentu saja lebih sulit daripada kirigami 2 dimensi karena setelah kertas dilipat dan dipotong, kertas dibentuk 3 dimensi untuk menghasilkan objek tertentu. Contoh bentuk kirigami 3 dimensi yang populer adalah bentuk lampion.

Contoh kreasi kirigami tiga dimensi

Contoh kreasi kirigami tiga dimensi

Kartu Ucapan Pop-Up
Pop-up artinya muncul. Kartu ucapan pop-up adalah kartu ucapan yang jika dibuka dengan sudut tertentu akan memunculkan sebuah bentuk tampilan. Kartu ucapan pop-up yang banyak dijual di toko buku umumnya menampilkan gambar atau tulisan. Anda dapat membuat kartu ucapan dengan seni kirigami di dalamnya. Kartu ucapan pop-up kirigami mempunyai ciri ornamen yang lebih rumit daripada kartu pop-up gambar.

Kartu pop-up kirigami

Contoh kreasi kartu pop-up kirigami

Arsitektur Origami
Meskipun namanya arsitektur origami, seni kertas ini termasuk dalam kirigami karena melibatkan seni potong kertas. Dari namanya saja dapat ditebak bahwa seni ini digunakan untuk menampilkan bentuk arsitektur bangunan. Pada umumnya arsitektur origami dibentuk pada wadah kertas yang terlipat 90 derajat. Arsitektur origami melibatkan lebih banyak seni melipat. Kertas yang digunakan biasanya kertas yang lebih tebal dan kaku.

Share
This entry was posted in Hobby and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>