Aquascape Miniatur Pemandangan Bawah Air

Jika anda menyukai pemandangan atau taman bawah air, atau anda suka mengelola akuarium, anda mungkin menyukai aquascape.

Apa Itu Aquascape?
Aquascape adalah tatanan bahan-bahan alami pada sebuah tangki air tembus pandang untuk membuat pemandangan bawah air yang indah (aqua =air, scape = pemadangan). Bahan-bahan alami tersebut berupa air (air tawar atau air laut), hewan air (ikan, lobster, kura-kura, belut, dsb), tanah, pasir, batu, kayu, tumbuhan, ganggang, dsb.
Aquascaping adalah seni membuat lingkungan bawah air menggunakan bahan-bahan alami (seperti tanaman. karang, batu, kayu apung, dsb) secara estetika dalam sebuah akuarium.

Foto sebuah aquascape

Foto sebuah aquascape

Apa Perbedaan Aquascape dengan Akuarium?
Beda aquascape dengan akuarium terletak pada tujuan pembuatannya. Akuarium adalah wadah tembus pandang yang berisi air untuk memelihara hewan air. Akuarium mementingkan faktor hewan air terutama ikan, tetapi populer juga untuk lobster, kura-kura, belut, dsb. Sebuah kotak kaca dengan air dan seekor ikan di dalamnya
sudah menjadi akuarium. Sebuah aquascape ditujukan untuk membuat pemandangan bawah air yang indah (bisa jadi tanpa adanya hewan air sama sekali).
Bisakah sebuah akuarium disulap menjadi aquascape? Tentu saja bisa anda hanya perlu menambahkan material-material alami yang diperlukan untuk membuat pemandangan bawah air yang menarik.

Desain Aquascape
Pada dasarnya aquascape diisi dengan tanaman dan ikan, meskipun demikian bisa saja aquascape dibuat hanya tanaman saja atau hanya berupa pemandangan misalnya karang tanpa tanaman sama sekali. Sebagaimana bentuk karya seni lainnya, desain aquascape terdiri dari sejumlah gaya (style).
Aquascape gaya Belanda menampilkan susunan tanaman yang bervariasi mirip kebun bunga. Aquascape gaya alami atau gaya Jepang menirukan pemandangan alam dengan sedikit variasi tanaman. Aquascape gaya terbuka atau gaya Jerman, menampilkan sebagian pemandangan di bawah permukaan bawah air dan sebagian pemandangan di atas permukaan air.

Aspek Teknis Desain Aquascape
Meskipun tujuan utama aquascaping adalah untuk membuat pemandangan bawah air yang indah, namun aspek-aspek teknis untuk perawatan tanaman air juga harus dipertimbangkan. Banyak faktor yang harus diseimbangkan dalam suatu sistem tertutup dalam sebuah tangki akuarium untuk memastikan keberhasilan sebuah desain aquascape. Faktor-faktor tersebut antara lain filtrasi (penyaringan), pengelolaan karbondioksida untuk kelangsungan fotosintesis di bawah air, substrat (media tempat tumbuh tanaman) dan pemupukan, pencahayaan, dan pengendalian ganggang.

Share
This entry was posted in Flora, Hobby and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>