4 Gaya Aquascape Populer

Aquascape adalah akuarium yang berisi bahan-bahan alami yang ditata secara estetika  untuk membuat pemandangan bawah air. Aquascaping adalah seni menyusun material alami dalam sebuah akuarium secara estetika untuk membentuk pemandandangan bawah air yang indah. Material alami tersebut berupa, tanaman, batu, kerikil, pasir, dsb.
Pada dasarnya aquascape diisi dengan ikan atau hewan air lainnya, tetapi hewan air tersebut hanya merupakan komponen pelengkap. Biasanya aquascape hanya diisi satu atau dua jenis ikan kecil dalam kelompok kecil.
Dalam perkembangannya aquascaping telah menjadi semakin populer di berbagai belahan dunia dan melahirkan beberapa gaya (style) yang menjadi acuan desain aquascape. Beberapa gaya aquascaping yang telah banyak dikenal antara lain:

Gaya Belanda (Dutch Style)
Aquascape gaya Belanda bertujuan menampilkan pemandangan bawah air yang mirip dengan tanaman di atas tanah seperti pada taman bunga. Aquascape gaya Belanda menggunakan cukup banyak jenis tanaman, namun biasanya tidak lebih dari 10 jenis. Tanaman dipilih yang memiliki variasi bentuk, ukuran, dan warna daun. Demikian pula tinggi tanaman dibuat bervariasi. Gaya ini telah dikembangkan di Belanda sejak tahun 1930-an saat akuarium air tawar sudah populer.

Aquascape gaya Belanda

Aquascape gaya Belanda

Gaya Alami (Natural Style) atau Gaya Jepang (Japanese Style)
Aquascape gaya alami bertujuan membentuk suatu pemandangan alam dalam bentuk miniatur. Aquascape gaya alami diperkenalkan oleh Takashi Amano pada awal tahun 1980-an. Komposisi aquascape Amano didasarkan pada teknik pembuatan taman Jepang yang mencoba untuk menirukan pemandangan alam dengan cara menyusun tumpukan material alam secara tidak simetris. Gaya aquascape ini menggunakan sedikit jenis tanaman, dan batu atau kayu apung yang dipilih secara seksama.

Aquascape gaya alami

Aquascape gaya alami

Gaya Terbuka (Open Style) atau Gaya Jerman (German Style)
Aquascape gaya terbuka bertujuan untuk membuat pemandangan yang menampilkan alam di bawah permukaan air dan alam di atas permukaan air. Pada aquascape ini akuarium hanya diisi air setengahnya. Hal ini memungkinkan tanaman seperti jenis anubia dan bromelia tumbuh dalam air, atau sebagian tumbuh di atas permukaan air. Aquascape gaya terbuka cocok untuk ditempati hewan amfibi dan hewan air dangkal. Aquascape gaya terbuka sering juga disebut paludarium.

Aquascape gaya terbuka

Aquascape gaya terbuka

Biotop
Aquascape biotop ditujukan untuk meniru dengan persis sebuah habitat air tertentu pada suatu tempat. Tanaman dan ikan tidak harus ada, kalaupun ada tanaman dan ikan tersebut harus sesuai dengan yang ada pada habitat yang ditiru.

Biotop Danau Malawi

Biotop Danau Malawi yang terdapat di Artis Aquarium, Amsterdam

Share
This entry was posted in Flora, Hobby and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>