Tips Cara Aman Menggunakan Oven Microwave

Oven microwave adalah alat masak modern yang semakin populer. Anda harus mengerti dengan baik cara menggunakannya untuk memasak atau memanaskan makanan. Jika anda tidak menggunakannya secara benar, anda mungkin membuat alat tersebut rusak, membuat makanan rusak, dan bahkan dapat membahayakan diri anda sebagai pengguna. Berikut beberapa tips cara menggunakan oven microwave dengan aman.

  1. Bacalah buku panduan (buku manual) penggunaan oven microwave yang anda miliki secara seksama. Simpanlah buku panduan tersebut dekat oven microwave untuk referensi apabila sewaktu-waktu diperlukan.
  2. Gunakanan kabel asli (kabel bawaan) dari pabrik oven microwave anda. Oven microwave menggunakan daya listik yang cukup besar, sehingga harus menggunakan kabel yang cukup besar dan berkualitas baik. Jangan menggunakan oven microwave tersebut jika kabelnya rusak atau cacat.
  3. Sediakan sebuah terminal kontak listrik (lubang colokan listrik) khusus untuk oven microwave anda. Jangan menggunakan terminak kontak listrik tersebut bersama dengan alat listrik yang lain. Jangan menggunakan sambungan kabel apapun.
  4. Tempatkan oven microwave di tempat yang cukup aman, jauhkan dari alat litrik yang lain, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  5. Tempatkan oven microwave di atas meja yang tidak terlalu tinggi sehingga mudah dioperasikan dan diamati. Beri jarak antara sisi belakang oven microwave dengan tembok atau benda lain di belakangnya, jangan sampai sisi belakang oven microwave menempel pada tembok atau benda lain di belakangnya.
  6. Gunakan wadah/container makanan yang aman untuk digunakan dalam oven microwave. Gunakan wadah/container berbahan gelas/kaca, keramik, atau plastik yang memiliki label “aman untuk microwave”.
  7. Jika memasak atau memanaskan makanan dalam kemasan yang tertutup rapat, buka tutup kemasan atau lubangi kemasan. Karena kemasan yang tertutup rapat dapat mengumpulkan uap panas yang akan akan menyemprot keluar saat kemasan dibuka, bahkan bisa membuat kemasan meledak.
  8. Jangan memanaskan air atau bahan cair lainnya lebih dari waktu yang direkomendasikan oleh pabrik/produsen oven microwave  Air atau bahan cair lainnya yang dipanaskan terlalu lama dapat menimbulkan fenomena yang disebut superheating dimana air tersebut dapat muncrat keluar wadah saat dikeluarkan dari oven microwave.
  9. Beberapa produk bahan makanan dalam kemasan mencantumkan instruksi cara memasak atau memanaskan bahan makanan tersebut dengan microwave. Bacalah dengan seksama untuk menjaga kualitas citarasa, dan keamanan proses memasak atau memanaskannya dengan oven mikrowave.
  10. Beberapa bahan makanan misalnya sosis, hotdog, kentang, tomat, apel, hati ayam, dll akan mengembang saat dimasak atau dipanaskan dalam oven mikrowave. Bahan makanan tersebut harus di lubangi dahulu sebelum dimasukkan ke dalam oven microwave misalnya dengan ditusuk-tusuk menggunakan garpu atau disayat-sayat sedikit dengan pisau.
  11. Setelah oven microwave selesai memasak atau memanaskan makanan, tunggu minimal satu menit sebelum mengeluarkan makanan tersebut. Gunakan sarung tangan oven untuk mengeluarkan wadah makanan tersebut, karena wadah tersebut masih sangat panas dan bisa membahayakan anda.
  12. Jangan pernah mencoba memperbaiki sendiri oven microwave anda. Oven microwave merupakan alat yang kompleks yang berisi magnetron, transformator tegangan tinggi, pelindung termal, sirkuit elektronik yang kompleks, serta berbagai komponen lainnya. Hubungi pusat servis resmi produk oven microwave yang terdapat pada kartu garansi produk microwave oven anda.
Share
This entry was posted in Gadget and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>