Mengenal Tanaman Pala

Asal Tanaman Pala
Pohon pala merupakan salah satu spesies dari genus Myristica. Spesies yang paling penting secara komersial adalah pala wangi atau bahasa latinnya Myristica fragrans yang merupakan tanaman asli di Kepulauan Banda, Maluku. Pala wangi juga tumbuh di Pulau Penang di Malaysia dan Karibia, khususnya di Grenada. Pala ini juga tumbuh di Kerala, sebuah negara bagian di selatan India.

Gambar buah pala

Buah pala

Pohon Pala
Pohon pala adalah pohon berkayu. Tingginya sekitar 10-20 meter. Pohon pala mulai berbuah saat berumur 7-9 tahun dan mencapai produksi maksimal setelah berumur 20 tahun.

Buah Pala
Buah pala berwarna hijau kekuningan, berkulit tipis dan berdaging tebal dengan warna daging kuning pucat atau kuning kehijauan. Diameter buah pala bervariasi antara 5-9 cm. Daging buah pala bertekstur padat agak bergetah yang berbau tajam. jika dimakan berasa getir sedikit sepat dan asam. Buah pala yang matang di pohon akan lekang terbelah dagingnya sehingga dapat terlihat bijinya.
Buah pala dimanfaatkan biji dan fuli-nya. Istilah pala sering pula digunakan untuk menyebut biji-biji buah pala. Biji buah pala berwarna kecoklatan, berbentuk agak lonjong seperti telur yang panjangnya 2-3 cm dengan berat 5-10 gram. Sedangkan fuli adalah lapisan lembut berwarna kemerahan yang menyelimuti biji buah pala.

Pembiakan Tanaman Pala
Pala merupakan tanaman diesis (diosius) artinya ada pohon jantan (berbunga jantan) dan ada pohon betina (berbunga betina). Tumbuhan diesis adalah tumbuhan yang hanya memiliki satu jenis kelamin (satu jenis bunga) saja dalam satu pohon yaitu jantan atau betina. Pala berkembangbiak secara seksual (kawin) dan aseksual (tidak kawin), pembiakan secara aseksual adalah yang menjadi standar. Pekembangbiakan seksual dengan cara penyemaian menghasilkan 50% bibit jantan, yang tidak produktif. Pencangkokan epikotil, penyusuan (sambung susu) dan dan penempelan (metode jendela) telah terbukti berhasil. Pencangkokan epikotil menjadi standar yang paling banyak diterapkan.

Manfaat Buah Pala
Buah pala terdiri dari tiga bagian yang semuanya mempunyai nilai ekonomi tinggi yaitu daging buah pala, biji pala dan fuli. Biji pala paling banyak dimanfaatkan untuk bumbu bahan baku parfum dan kosmetik dan minyak pala. Fuli digunakan sebagai bumbu masak bahan baku farfum dan kosmetik serta bahan obat. Daging buah pala digunakan untuk membuat manisan buah pala dan sirup buah pala. Beberapa produk pohon pala lainnya adalah minyak esensial, oleoresin, dan butter pala.

Share
This entry was posted in Flora and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>