Kuda Nil, Kuda Sungai dari Afrika

Kuda nil dalam bahasa Yunani disebut hippopotamus yang artinya kuda sungai. Hewan ini menghabiskan waktu sampai 16 jam sehari berendam dalam sungai atau danau untuk menjaga tubuhnya tetap dingin dan lembab.
Kuda nil dapat berenang, menyelam dan berjalan di dasar air dengan baik. Ia dapat menyelam sampai lebih dari lima menit.
Mata dan lubang hidungnya berada di atas kepala sehingga kuda nil dapat berendam dengan sempurna, hanya mata dan lubang hidungnya yang berada di atas permukaan air.

Gambar foto kuda nil

Kuda Nil (Hippopotamus)

Anatomi
Tubuh kuda nil rendah (130 – 165 cm) dan gemuk. Seekor kuda nil dewasa memiliki bobot antara 1 – 3 ton dengan panjang tubuh 3 – 5 meter. Kulitnya berwarna abu-abu tua atau coklat batu atau coklat lumpur. Kepalanya besar dan lebar, serta agak rata dengan sepasang telinga yang sangat kecil. Kuda nil memiliki taring yang besar yang digunakan untuk mengancam musuh seperti buaya, singa, atau heyna. Bagi pejantan taring ini digunakan untuk bertarung memperebutkan kekuasaan. Kuda nil dapat membuka mulutnya sangat lebar saat bertarung.

Habitat
Sesuai dengan namanya, kuda nil hidup di sekitar sungai Nil di Afrika, di selatan Sahara. Populasi yang besar hanya terdapat di lembah sungai nil di Afrika Timur. Kuda nil hidup di sungai atau danau. Hewan ini biasa berjalan di darat, tetapi tidak akan jauh dari sungai atau danau.

Makanan
Makanan utama kuda nil adalah rumput di pinggiran sungai atau danau. Seekor kuda nil dapat menjelajah perairan sejauh 30 km untuk mencari makan. Hewan ini juga menjelajah daratan di sekitar sungai atau danau untuk mencari makan. Kadang-kadang kuda nil juga makan hewan-hewan air kecil.

Kebiasaan
Kuda nil biasa tidur di siang hari dan banyak beraktifitas di malam hari. Namun kuda nil tidak sepenuhnya nocturnal (nocturnal; hewan yang aktif di malam hari saja). Kuda nil hanya makan sekitar 45 kg rumput dalam semalam. Satwa ini tidak perlu banyak makan karena ia tidak banyak bergerak, kecuali saat mencari makan.

Perilaku Sosial
Kuda nil biasa hidup dalam kelompok antara 10 – 30 ekor yang dipimpin seekor pejantan. Jika kondisi makanan atau air terbatas, beberapa kelompok mungkin harus menempati wilayah yang sama.

Reproduksi
Seekor kuda nil betina dapat melahirkan seekor anak setiap 2 tahun dengan masa kehamilan 8 bulan. Bayi kuda nil dapat lahir di darat atau di air dangkal. Saat lahir, bayi kuda nil memiliki bobot sekitar 45 kg. Seekor kuda nil dapat hidup sampai 40 tahun.

Taksonomi
Klasifikasi ilmiah kuda nila dalah sbb:
Kerajaan: Animalia,  Filum: Chordata, Sub-filum: Vertebrata, Kelas: Mammalia, Ordo: Artiodactyla, Famili: Hippopotamidae, Genus: Hippopotamus, Species: Hippopotamus amphibious.

Share
This entry was posted in Fauna and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>